RSS

Baling-baling Bambu

Baling-baling atau yang orang sunda bilang kolecer, dan yang satu ini terbuat dari bambu. Di kampung suamiku, puluhan baling-baling bambu saat ini tersebar dimana-mana, dikarenakan sedang musim angin. Dengan adanya kolecer ini, angin yang berhembus pelan atau kencang bisa dilihat dari gerakan kolecer.
Pada saat siang hari, keberadaan kolecer ini cukup sangat menghibur. Tetapi pada saat malam hari, apalagi jika disertai hujan dan angin kencang, kolecer ini akan bersuara sangat keras, padahal hanya terbuat dari bambu dengan bentuk yang sederhana. Suaranya sangat menganggu, dan jika suara kerasnya mulai terdengar, aku serasa berada dalam kereta api, susah tidur jadinya!
Di Kampung sebelah, kolecer jadi ajang pamer. Siapapun akan berani mengeluarkan banyak uang untuk membuat kolecer yang paling besar dan bersuara paling keras, ah ada2 aja, kadang orang2 kampung suka lebay untuk hal2 yang ga perlu, padahal untuk memenuhi keperluan sehari-hari aja sudah susah. Katanya sih, kolecer ini akan dilombakan, dan hadiah buat pemenangnya adalah seekor sapi! Wah bagaikan dapet mobil tuh klo buat orang kampung ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Strawberry Balut Coklat

Gara-gara jalan2 ke kawah putih awal Januari lalu, dimana disana banyak banget yang berjualan strawberry yang segar dibalut coklat yang tak sempat kucicipi. Akhirnya aku coba di rumah deh. Cukup beli sekotak kecil strawberry di Hypermart dan juga sebatang dark coklat silverqueen, akhirnya kesampaian juga diriku mencicipi strawberry balut coklat. Cukup cuci bersih strawberry, buang bagian batangnya, coklat di cairkan, celupkan strawberry dalam coklat, setelah seluruh bagian strawberry terbalut coklat masukkan ke lemari es. Klo coklatnya sudah beku, siap di santap deh!
Buat yang ga suka strawberry karena rasanya yang asam, cara ini bisa mengurangi rasa asamnya apalagi klo pake coklat silverqueen, kan ada kacang metenya, jadi enak banget ada rasa kres kresnya. Strawberry mempunyai banyak manfaat, diantaranya sebagai anti aging, anti kanker, mengencangkan kulit, mengatasi panas dalam dan juga sebagai sumber folat bagi janin yang sedang di kandung ibu hamil. Si merah kecil yang asam ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, Alhamdulilah klo d Bandung, strawberry gampang banget didapetnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kambing Bakar Cairo

Berangkat dari tayangan wisata kuliner Benoe Bulu di TransTV, yang sedang menikmati kambing bakar yang terlihat sangat empuk dan enak di Jl. Pelajar Pejuang 45 Bandung (tepat di seberang Hotel Horison), akhirnya aku dan suami makan disitu di sabtu siang sebelum melanjutkan perjalanan kami ke BSM.
Ini kunjungan kedua kami, kunjungan pertama kami berakhir dengan kekecewaan, keabisan kambing bakarnya!!. Alhamdulillah pada saat kunjungan kedua ini, pengunjung tidak terlalu banyak, dan kami pun mendapat posisi duduk di luar yang nyaman banget. Akhirnya kami pesan kambing bakar Cairo yang menjadi andalan, 2 porsi nasi, dan juga roti mariam yang dilengkapi dengan ice cream.
Rata PenuhTidak perlu menunggu lama, kami pun bisa menyantap kambing bakar yang ternyata emang benar-benar lembut dan empuk, sepertinya sih sebelum dibakar dagingnya di presto dulu. Roti mariamnya juga enak banget dimakan sebagai makanan pembuka. Dan harganya juga ga terlalu mahal, pilihan yang pas buat kami, apalagi suamiku penggemar berat daging kambing.
Menurut slogannya, kambing bakar disini tidak mengandung kolesterol, karena kambing yang digunakan adalah kambing muda yang masih berusia 3 bulan, jadi kita ga perlu takut makan kambing disini. Ok, para pecinta kuliner Bandung, tempat ini memang bisa dijadikan pilihan untuk icip icip, kita aja pengen balik lagi kesana, pokona mah meni raos pisan!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Family Time

Akhir pekan ini Ayah ga pulang, begitupun saat Idul Adha nanti. Sedih sih....tapi memang ini tugas dan peran yang harus dijalani, jadi jalan terbaik adalah sabar. Jarak Bandung-Jakarta ga seberapa, sejak dibukanya tol Cipularang, perjalanan sebenarnya bisa ditempuh 2 jam jika tidak terjadi kemacetan. Tapi sekarang macetnya Jakarta dan macetnya Cipularang semakin jahat dan ga kenal ampun. Ayah biasa pergi dari Jakarta jumat sore jam 05.30, tapi nyampe Bandung bisa jam 01.00. Kemacetan membuat waktu berkumpul menjadi semakin pendek.
Pengennya Ibu dan Keivan di Jakarta aja, tapi situasi dan kondisinya belum memungkinkan, ditambah lagi tahun depan kita berdua akan ditinggal Ayah bertugas selama 1 tahun ke Sudan. Duh...ngebayanginnya aja udah sedih dan super kangen gini. Semoga Allah memberikan Ayah, Ibu dan Keivan kesabaran, berharap waktu cepat berlalu dan kita bisa segera berkumpul dalam satu rumah. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Saatnya Ber-MPASI

Keivan sudah mulai MPASI. Enzim pencernaan pada bayi siap pada saat bayi berumur 6 bulan, jadi sudah 1,5 bulan ini Keivan makan. Walaupun pada awalnya saya mendapat tekanan untuk memberi Keivan makan saat usianya 4 bulan, tapi saya tetap keukeuh untuk memulai MPASI saat Keivan berusia 6 bulan.
Minggu pertama makan memang agak susah, makanannya di sembur2, malah kadang2 ngeliat sendok aja dia udah nangis2. Alhamdulillah, memasuki minggu kedua, dia mulai bisa beradaptasi, apalagi setelah dikenalkan dengan pisang, wah jadi gampang banget nyuapinnya. Nah, tekanan datang lagi, banyak yang bilang supaya Keivan dikasih makanan bayi instant aja dengan alasan ga ribet. Tapi...ga banget!. Saya usahakan untuk tetap memberikan dia homemade baby food, walaupun ribet, tapi kan jauuuuuuuh lebih sehat, dibandingkan dengan makanan bayi instant yang banyak pengawetnya itu.
Senengnya liat Keivan doyan makan, sejauh ini yang udah dia makan tepung beras merah yang kubuat sendiri, brokoli, ubi, kentang, wortel, alpukat, pisang, pepaya, apel, pir, labu kuning, dan gandum. Ikan, daging dan ayam baru akan kuberikan saat usianya 8 bulan. Semoga sayur dan buah yang kau makan, menjadi gizi yang baik dan antibodi yang kuat untuk ya nak!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Saos Tiram & MSG

Sudah 3 tahun belakangan ini saos tiram menjadi pilihan saya. dalam memasak. Dengan saos tiram, oseng2 sayur, ikan, kerang & daging lebih simple, tinggal ditambahkan bawang butih, bawang bombay, gula dan garam, maka masakan akan terasa gurih dan lezat. Maksud saya memilih saos tiram adalah untuk menghindari pemakaian MSG yang sekarang ada dalam bentuk lain seperti Royc*, Masak* dll. Tapi....ternyata saos tiram lokal seperti AB* ataupun Saor* yang mudah sekali didapat ternyata mengandung MSG juga. Karena ada pembahasan tentang MSG di milis yang saya ikuti, akhirnya saya tahu kalau saos tiram pun mengandung MSG. Ada juga beberapa merk yang tanpa MSG, tapi... ga ada logo halalnya.
MSG memang tidak bisa dihindari, yang bisa dilakukan adalah dikurangi, seperti tiap saya beli mie bakso, saya pesan ke penjualnya supaya tidak memakai MSG. Mudah2an aja bisa melindungi tubuh dari MSG yang berlebihan.
Hasil browsing, ternyata saos tiram bisa digantikan dengan ebi (udang kering) yang dihaluskan lalu dicampurkan dengan sedikit air, agak sedikit ribet sih. Mungkin teman2 ada yang lebih tahu, bahan apalagi yang bisa menggantikan saos tiram...?

Picture from google

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anak Gemuk, Haruskah??

Seorang teman menelepon saya beberapa hari yang lalu, dan mengeluhkan betapa banyak orang yang berada di sekitarnya yang mengomentari anaknya kurus, padahal si anak mendapatkan ASI Eksklusif (ASIX). Lingkungan di sekitarnya tidak terlalu support dengan ASIX, sebagian besar ibu2 disana menggabungkan ASI dan Sufor, dengan alasan supaya bayi montok dan kuat (halah..halah ada2 aja). Jadinya para Ibu di lingkungan tsb menyudutkan teman saya karena hanya memberikan ASI.
Yang saya ketahui, kondisi si anak walaupun kurus, sehat2 aja, umurnya sekarang 1 tahun, dan hanya terkena batuk pilek 1x, ga pernah ke dokter sama sekali kecuali ke bidan untuk urusan imunisasi (kurus2 juga Sarjana ASI, jadinya tahan penyakit). Saya cuma bisa bilang, cuekin aja yang bilang anakmu kurus, coba bandingkan dengan anak2 mereka, mungkin ada yang lebih montok tapi sering sakit. Saya justru iri sekali dengan teman saya ini, karena dia berhasil memberikan ASIX, tanpa menambahkan sufor sama sekali, dan si anak sampai saat ini sudah lulus S1 dan S2 ASIX, mudah2an lulus juga S3 ya nak!.
Anehnya lagi kalau ada anak ASIX gemuk, banyak orang yang berpendapat kalau ASI si ibu cocok. Tapi kalau ada anak ASIX kurus, orang akan berpendapat ASInya ga cocok, ih gregetan masa ASI cocok-cocokkan sih....? Emangnya dosa punya anak kurus...?
Kenapa ya balita dituntut harus gemuk? padahal gemuk dan kurusnya seseorang tergantung pada faktor genetik. Di kasih anak gemuk Alhamdulillah, dikasih kurus ya Alhamdulillah juga. Biasanya semakin gemuk seorang anak, ibunya semakin bangga, walaupun berat badannya sudah melebihi rata2, padahal kalau dibiarkan kan bisa menyebabkan obesitas, dan penyakit2 lain yang akan mengiringi. Belum lagi kalau di sekolahnya jadi bahan ejekan karena kegemukan, kan kasian...
Yang penting anak2 kita sehat, kalau kurus jangan di cekokin banyak vitamin, apalagi kalau anaknya masih mendapatkan ASI, karena 1 sendok ASI mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi dibandingkan dengan vitamin semahal apapun.
Tapi...dinikmati aja kali yaaaa, mudah2an nantinya setiap orang tua berpikir untuk menyehatkan anak, bukannya menggemukkan anak. Untuk ibu2, yang senasib dengan teman saya, tetap semangat ya....mungkin nanti saya pun akan diuji dengan hal yang sama, dan harus siap untuk itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS