RSS

GTM dan Tenaga Super

GTM atau Gerakan Tutup Mulut pada balita bagi para ibu memang bukan hal yang aneh lagi. Banyak keluhan dan juga kekhawatiran dari para ibu karena anaknya susah sekali makan, bahkan bisa tidak makan sama sekali sepanjang hari. Anak saya pun saat ini sedang mengalami GTM, di mulai saat umurnya 13 bulan. Sebelumnya, saat berumur 6 sampai dengan 12 bulan, makannya lahap sekali, jadi benar2 berbalik 180 derajat dibandingkan dengan saat ini.

Rasanya geregetan, kesal, cemas, sedih menghadapi anak yang sedang GTM. Kalau diperhatikan para balita yang sedang GTM, aktivitasnya lincah sekali, lari sana sini, semua benda di naikin, ingin mencoba segala sesuatu, sampai para orang tua dan pengasuh merasa lelah dalam menjaganya. Mereka dapet tenaga dari mana ya?, padahal mereka makan sedikit sekali, Subhanallah menurut saya tenaganya dari Allah langsung, tenaga yang luar biasa. Bahkan mungkin orang dewasa pun akan cepat merasa lelah jika aktivitasnya sangat padat, padahal mereka makan dengan cukup.

Anak GTM merupakan ujian buat orang tuanya, terutama untuk ibunya. Seorang teman menasehati saya, katanya, klo anak ga mau makan berarti rezeki ibunya, semua makanan yang tidak dihabiskan jadi jatah ibunya. Dan untuk makanan yang di lempar2 oleh seorang anak, menunjukkan bahwa dia ingin tau seberapa jauh daya lempar dia. Nasihat yang sangat bijak, yang akan selalu saya ingat dan semoga membuat saya selalu bersabar dalam menghadapi anak yang sedang GTM. Insya Allah masalah GTM akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: