RSS

Fruit Pie Sepanjang Hari Sabtu

Kue yang paling sering saya buat, karena putraku suka banget makan kue ini. Awalnya sih suka beli di tukang kue tiap pagi, tapi pada saat bulan puasa si tukang kue ga jualan lagi, akhirnya coba bikin sendiri, ternyata gampang banget walaupun membutuhkan waktu yang panjang.
Langkah pertama bikin crust pie-nya, dilanjukan dengan membuat fla, menyimpan fla ke mangkuk pie, menata buah2an di atas fla, dan terakhir mengoleskan jelly di atas buah2an supaya buahnya tetap menempel.
Resepnya saya dapet dari sini http://dapurpippi.blogspot.com/2008/02/fruit-pie.html. untuk 1 resep bisa jadi 25 fruit pie. Dan sepanjang sabtu kemarin, saya di bantu oleh ibu membuat 100 fruit pie seharian, jadinya pake 4 resep. Fruit pie ini kita peruntukkan untuk tetangga depan yang sedang syukuran yang telah kami anggap sebagai saudara sendiri. Alhamdulillah semuanya suka. Kegembiraan apa lagi yang pantas di dapat, jika semua orang suka dengan apa yang kita masak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pepes Ayam

Gara-gara liat daun pisang yang hijau segar di pasar, jadinya saya ingin membuat sesuatu pake daun pisang. Akhirnya bikin pepes ayam deh. Loh kok bukan liat ayamnya dulu ya, ini malah ngeliat daun pisangnya dulu, hehe.
Ini baru pertama kalinya bikin pepes ayam. Udah bosen sama ayam goreng, ayam kecap dan sop ayam, akhirnya jadilah pepes ayam ini.
Resepnya saya dapet dari sini http://bankresep.wordpress.com/2009/05/29/pepes-ayam-ala-keluarga-jatmiko/. Yang paling enak, harumnya kemangi pada saat bungkus daun pisang dibuka, wangiiiiii. Yang pasti, pepes ayam jauh lebih sehat dari ayam goreng.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mie Yamin Ayam Jamur


Hasil bikin baso beberapa hari yang lalu menghasilkan baso sampai 30 biji, dibikin makanan apalagi ya biar ga bosen dan bervariasi. Akhirnya dapet juga resep yamin dari http://resepmasakanindonesia.info/resep-mie-yamin/, resepnya sangat mudah saya ikuti.
Tinggal beli jamur merang, mie telor kering dgn weight 200 gr, dan 1 ikat sawi. Akhirnya bisa jadi 4 mangkok mie yamin ayam jamur pisah kuah untuk 4 orang. Dan per porsinya banyak banget, jadinya lebih kenyang daripada beli baso yamin di luar. Alhamdulillah, masih pengen bikin lagi di lain kesempatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Baso Sapi Eksperimen ke-5


Akhirnya, setelah berkali-kali coba berbagai resep baso daging sapi, saya baru berhasil di eksperimen yang kelima. Awalnya hanya ingin anakku makan cukup protein dari daging, ikan atau ayam. Klo makan dagingnya langsung, Keivan ga mau. Jadinya browsing sana sini buat cari tau cara bikin baso.
Setelah mengumpulkan banyak resep tentang cara membuat baso daging sapi, akhirnya saya punya komposisi sendiri untuk resepnya.

Bahan:
  • 250 gr daging sapi giling
  • 2 siung bawang putih (diiris dan digoreng, lalu diremas2 sampai hancur)
  • 3/4 sdt merica
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 70 gram tepung sagu/tapioka/maizena
  • 1 butir telur utuh (telur dingin yg baru dikeluarkan dari lemari es)
  • 1/4 sdt baking powder
  • 2 kotak kecil es batu
Cara Membuat:
  1. Campur daging giling dgn merica, garam, gula pasir, bawang putih goreng, aduk dengan tangan sampe semua tercampur rata
  2. Masukkan tepung sagu/maizena/tapioka, telur dan baking powder, aduk lagi sampai rata
  3. Tambahkan 2 kotak kecil es batu, uleni adonan sampai adonan tampak menyatu, antara daging giling dan tepungnya tidak terpisah lagi.
  4. Siapkan air di panci, masak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api, bulat2kan adonan masukan ke dalam air. Jika adonan terasa lengket pd saat di bulatkan, olesi tangan dengan minyak sayur.
  5. Apabila basonya sudah mengapung, angkat dan masukkan ke dalam air hangat.
  6. Saya menambahkan keju sebagai isian baso, agar baso terasa lebih gurih tanpa harus menambahkan banyak garam atau penyedap rasa lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

GTM dan Tenaga Super

GTM atau Gerakan Tutup Mulut pada balita bagi para ibu memang bukan hal yang aneh lagi. Banyak keluhan dan juga kekhawatiran dari para ibu karena anaknya susah sekali makan, bahkan bisa tidak makan sama sekali sepanjang hari. Anak saya pun saat ini sedang mengalami GTM, di mulai saat umurnya 13 bulan. Sebelumnya, saat berumur 6 sampai dengan 12 bulan, makannya lahap sekali, jadi benar2 berbalik 180 derajat dibandingkan dengan saat ini.

Rasanya geregetan, kesal, cemas, sedih menghadapi anak yang sedang GTM. Kalau diperhatikan para balita yang sedang GTM, aktivitasnya lincah sekali, lari sana sini, semua benda di naikin, ingin mencoba segala sesuatu, sampai para orang tua dan pengasuh merasa lelah dalam menjaganya. Mereka dapet tenaga dari mana ya?, padahal mereka makan sedikit sekali, Subhanallah menurut saya tenaganya dari Allah langsung, tenaga yang luar biasa. Bahkan mungkin orang dewasa pun akan cepat merasa lelah jika aktivitasnya sangat padat, padahal mereka makan dengan cukup.

Anak GTM merupakan ujian buat orang tuanya, terutama untuk ibunya. Seorang teman menasehati saya, katanya, klo anak ga mau makan berarti rezeki ibunya, semua makanan yang tidak dihabiskan jadi jatah ibunya. Dan untuk makanan yang di lempar2 oleh seorang anak, menunjukkan bahwa dia ingin tau seberapa jauh daya lempar dia. Nasihat yang sangat bijak, yang akan selalu saya ingat dan semoga membuat saya selalu bersabar dalam menghadapi anak yang sedang GTM. Insya Allah masalah GTM akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS