RSS

Es Krim Nangka


Yihaaa keranjingan bikin es krim nih, tapi untuk sekarang ini pengen rasa es krim Indonesia, dan pilihan akhirnya jatuh ke es krim nangka. Resepnya masih saya liat dari sini http://dunialely.wordpress.com/2010/12/30/resep-es-krim-nangka/. Yang bikin beda dari es krim vanilla yang pernah saya buat, es krim nangka ini pake santan, masih menggunakan krim kental juga, hanya saja tanpa penambahan maizena. Karena ada penggabungan santan dan krim kental, proses pembekuan & kocok pun lebih sering dilakukan karena bahan awal es krimnya cair banget. Walaupun hasilnya kurang lembut, gara2 freezing process kurang sering, Alhamdulillah hasilnya tetep enak kok. Resep ini menghasilkan 400 ml es krim di freezer, cukuplah buat stok es krim selama 3 minggu :p

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Es Krim Vanilla Oreo


Udah lama banget pengen bikin es krim sendiri, tapi terhambat terus gara2 ga dapet krim kentalnya (double cream). Cari di supermarket besar adanya malah whipping cream, tapi akhirnya dapet juga resep es krim yang ga pake double cream, jadinya walaupun pake whipping cream jadi juga deh es krimnya. Resepnya saya dapet dari sini http://dunialely.wordpress.com/2011/03/18/cookies-and-cream-ice-cream/.

Awalnya agak pesimis es krimnya bisa jadi gara2 susu yang dipanaskan sempat terhenti teraduk, jadi warna putihnya pecah. Tapi setelah melewati beberapa proses, ternyata warna putih pecahnya udah ga kliatan lagi. Jadi deh es krimnya, di tambah taburan biskuit oreo rasanya makin enak.
Jadi ga khawatir lagi kasih anakku es krim, pastinya homemade ice cream lebih sehat dan ga mengandung pengawet juga zat kimia. Dan ini adalah hidangan faforitnya setelah bangun tidur siang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Puding Alpukat Mocca


Beli 2 alpukat ukuran sedang buat Keivan, di bikin jus yang manis pake madu, di bikin es alpukat pake gula merah, tetep ga mau dimakan juga.

Akhirnya browsing resep puding alpukat, taunya nemu penggabungan alpukat sama mocca, ditambah putih telur, jadinya puding alpukat mocca yang berbusa.
Untuk resepnya bisa dilihat dari Kreasi Navila, Alhamdulillah akhirnya Keivan mau makan pudingnya.
Ada beberapa yg sedikit saya modifikasi, susu cair untuk puding alpukatnya pake 700ml, dan susu cair untuk puding moccanya saya pake 600 ml. Bagian alpukatnya kliatan ga mulus ya...? itu karena saya hanya pake sendok kayu untuk mengaduk alpukat dan agar2nya. Lain kali klo bikin lagi lebih baik pake mixer aja, biar alpukat dan agar2 bisa menyatu dgn sempurna, dan warna hijaunya pun bisa tampak mulus.
Warna hitam dan coklat muda di bagian mocca, itu dikarenakan adanya biskuit oreo hitam dan gold, di contohnya sih hanya pake oreo yg hitam, tapi apa daya di warung hanya ada 2 bungkus kecil oreo hitam, jadinya digabung dengan oreo gold, dan jadinya kaya gini deh.. ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Fruit Pie Sepanjang Hari Sabtu

Kue yang paling sering saya buat, karena putraku suka banget makan kue ini. Awalnya sih suka beli di tukang kue tiap pagi, tapi pada saat bulan puasa si tukang kue ga jualan lagi, akhirnya coba bikin sendiri, ternyata gampang banget walaupun membutuhkan waktu yang panjang.
Langkah pertama bikin crust pie-nya, dilanjukan dengan membuat fla, menyimpan fla ke mangkuk pie, menata buah2an di atas fla, dan terakhir mengoleskan jelly di atas buah2an supaya buahnya tetap menempel.
Resepnya saya dapet dari sini http://dapurpippi.blogspot.com/2008/02/fruit-pie.html. untuk 1 resep bisa jadi 25 fruit pie. Dan sepanjang sabtu kemarin, saya di bantu oleh ibu membuat 100 fruit pie seharian, jadinya pake 4 resep. Fruit pie ini kita peruntukkan untuk tetangga depan yang sedang syukuran yang telah kami anggap sebagai saudara sendiri. Alhamdulillah semuanya suka. Kegembiraan apa lagi yang pantas di dapat, jika semua orang suka dengan apa yang kita masak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pepes Ayam

Gara-gara liat daun pisang yang hijau segar di pasar, jadinya saya ingin membuat sesuatu pake daun pisang. Akhirnya bikin pepes ayam deh. Loh kok bukan liat ayamnya dulu ya, ini malah ngeliat daun pisangnya dulu, hehe.
Ini baru pertama kalinya bikin pepes ayam. Udah bosen sama ayam goreng, ayam kecap dan sop ayam, akhirnya jadilah pepes ayam ini.
Resepnya saya dapet dari sini http://bankresep.wordpress.com/2009/05/29/pepes-ayam-ala-keluarga-jatmiko/. Yang paling enak, harumnya kemangi pada saat bungkus daun pisang dibuka, wangiiiiii. Yang pasti, pepes ayam jauh lebih sehat dari ayam goreng.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mie Yamin Ayam Jamur


Hasil bikin baso beberapa hari yang lalu menghasilkan baso sampai 30 biji, dibikin makanan apalagi ya biar ga bosen dan bervariasi. Akhirnya dapet juga resep yamin dari http://resepmasakanindonesia.info/resep-mie-yamin/, resepnya sangat mudah saya ikuti.
Tinggal beli jamur merang, mie telor kering dgn weight 200 gr, dan 1 ikat sawi. Akhirnya bisa jadi 4 mangkok mie yamin ayam jamur pisah kuah untuk 4 orang. Dan per porsinya banyak banget, jadinya lebih kenyang daripada beli baso yamin di luar. Alhamdulillah, masih pengen bikin lagi di lain kesempatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Baso Sapi Eksperimen ke-5


Akhirnya, setelah berkali-kali coba berbagai resep baso daging sapi, saya baru berhasil di eksperimen yang kelima. Awalnya hanya ingin anakku makan cukup protein dari daging, ikan atau ayam. Klo makan dagingnya langsung, Keivan ga mau. Jadinya browsing sana sini buat cari tau cara bikin baso.
Setelah mengumpulkan banyak resep tentang cara membuat baso daging sapi, akhirnya saya punya komposisi sendiri untuk resepnya.

Bahan:
  • 250 gr daging sapi giling
  • 2 siung bawang putih (diiris dan digoreng, lalu diremas2 sampai hancur)
  • 3/4 sdt merica
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 70 gram tepung sagu/tapioka/maizena
  • 1 butir telur utuh (telur dingin yg baru dikeluarkan dari lemari es)
  • 1/4 sdt baking powder
  • 2 kotak kecil es batu
Cara Membuat:
  1. Campur daging giling dgn merica, garam, gula pasir, bawang putih goreng, aduk dengan tangan sampe semua tercampur rata
  2. Masukkan tepung sagu/maizena/tapioka, telur dan baking powder, aduk lagi sampai rata
  3. Tambahkan 2 kotak kecil es batu, uleni adonan sampai adonan tampak menyatu, antara daging giling dan tepungnya tidak terpisah lagi.
  4. Siapkan air di panci, masak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api, bulat2kan adonan masukan ke dalam air. Jika adonan terasa lengket pd saat di bulatkan, olesi tangan dengan minyak sayur.
  5. Apabila basonya sudah mengapung, angkat dan masukkan ke dalam air hangat.
  6. Saya menambahkan keju sebagai isian baso, agar baso terasa lebih gurih tanpa harus menambahkan banyak garam atau penyedap rasa lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

GTM dan Tenaga Super

GTM atau Gerakan Tutup Mulut pada balita bagi para ibu memang bukan hal yang aneh lagi. Banyak keluhan dan juga kekhawatiran dari para ibu karena anaknya susah sekali makan, bahkan bisa tidak makan sama sekali sepanjang hari. Anak saya pun saat ini sedang mengalami GTM, di mulai saat umurnya 13 bulan. Sebelumnya, saat berumur 6 sampai dengan 12 bulan, makannya lahap sekali, jadi benar2 berbalik 180 derajat dibandingkan dengan saat ini.

Rasanya geregetan, kesal, cemas, sedih menghadapi anak yang sedang GTM. Kalau diperhatikan para balita yang sedang GTM, aktivitasnya lincah sekali, lari sana sini, semua benda di naikin, ingin mencoba segala sesuatu, sampai para orang tua dan pengasuh merasa lelah dalam menjaganya. Mereka dapet tenaga dari mana ya?, padahal mereka makan sedikit sekali, Subhanallah menurut saya tenaganya dari Allah langsung, tenaga yang luar biasa. Bahkan mungkin orang dewasa pun akan cepat merasa lelah jika aktivitasnya sangat padat, padahal mereka makan dengan cukup.

Anak GTM merupakan ujian buat orang tuanya, terutama untuk ibunya. Seorang teman menasehati saya, katanya, klo anak ga mau makan berarti rezeki ibunya, semua makanan yang tidak dihabiskan jadi jatah ibunya. Dan untuk makanan yang di lempar2 oleh seorang anak, menunjukkan bahwa dia ingin tau seberapa jauh daya lempar dia. Nasihat yang sangat bijak, yang akan selalu saya ingat dan semoga membuat saya selalu bersabar dalam menghadapi anak yang sedang GTM. Insya Allah masalah GTM akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Es Goyobod

Es goyobod merupalan minuman yang banyak di temui di daerah Jawa Barat. Goyobod terbuat dari tepung kanji dan hunkue, jadinya seperti agar2 yang kenyal. Dan saat penyajiannya goyobod ini digabungkan dengan nangka, ketan hitam, kelapa dan alpukat. Seperti es teler yang ditambahkan bahan lain, tetapi lebih mengenyangkan dikarenakan adanya goyobod ini.

Es goyobod faforitku ada di sebuah restoran kecil di jl. Otista Bandung, nama restorannya, restoran Elizabeth, dikarenakan letaknya hampir besebelahan dengan toko tas Elizabeth. Kalau habis jalan ke pusat kota Bandung, pokoknya wajib mampir disini dulu, tempatnya nyaman dan bersih, makanannya pun enak dan murah, walaupun pilihan makanannya hanya sedikit.
Seporsi es goyobod di restoran ini hanya di hargai Rp. 5000, murah banget kan?. Ditambahlagi aku memesan semangkuk mie ayam dengan ayamnya yang banyak dan dilengkapi dengan bakso, kenyangnya bukan main. Dan pada akhirnya, aku hanya membayar Rp. 15000, benar2 enak dan murah pula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dari Jendela Kereta

Tol Cipularang, adalah tol yang memperpendek jarak dan waktu tempuh antara Bandung dan Jakarta. Semenjak tol ini dibuka, banyak travel bermunculan yang menawarkan jasa keberangkatan antara Jakarta-Bandung ataupun Bandung-Jakarta. Tapi bagiku, perjalanan yang paling menarik adalah perjalanan dengan menggunakan kereta api. Dengan kereta api, pemandangan dari jendela sangat luar biasa indahnya, walaupun waktu tempuhnya bertambah 1 jam. Dan lihatlah apa kudapat dari balik jendela kereta.
Memandang alam dari kaki bukit, sejauh pandang kulepaskan, sungai tampak berliku, sawah luas terbentang bagai permadani di kaki langit, gunung menjulang berpayung awan, oooohhh indah pemandangan (Pemandangan-Lagunya pak AT. Mahmud).Mungkin yang sedikit berbeda dari lirik lagu pemandangan tersebut, yang kulakukan adalah, memandang alam dari balik jendela kereta, he..he, tapi tetap sama indahnya.

Inilah foto yang paling kusuka, benar-benar sesuai dengan lirik lagu pemandangan, petak-petak sawah hijaunya, lika-liku sungainya beserta bebatuan di tengahnya, dan bukit kecil di antara sawah dan sungai. Subhanallah, betap indah ciptaan-Nya. Semoga pemandangan seperti ini akan selalu terpelihara dengan baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kathmandu, Camping Equipment

Camping is your hobby?. If that's right, you definitely need stuff that is highly supportive of your camping. Try to visit Kathmandu, this site provides a variety of camping equipment. In addition, the Kathmandu provide equipment for a variety of activities outside the home.
Camping equipment that are here include tents & sehelters, sleeping gear, camp kitchen, outdoor furniture, lighting, accessories and games. All of these quality products will make your camping more enjoyable, whether camping with friends or with family. And here you can join as members, with membership you will be getting summit club information, summit club benefits, summit club newsletters, and also summit club terms and conditions.
Currently, many offering goods at an attractive price as well. There are special offers for campbed, sleeping bag, compass retreat, camp latern and apcesetter e-proof. The way of shopping will be explained in this site, so have a nice shopping of camping equipment in Kathmandu!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Terima Kasih Amah!

Gara-gara ada yang baca postingan Ibu yang ini saat berulang tahun yang ke 29, akhirnya Keivan dapet hadiah baju over all loreng bernomor 29. Terima kasih ya Amah, Keivan suka banget sama bajunya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Baby Walker Tradisional

Saat anakku memasuki usia 8 bulan, banyak sekali tuntutan dari keluarga besar yang mengharuskan Keivan memakai baby walker. Tapi, aku dan suami sepakat untuk tidak memberikan baby walker pada Keivan. Dengan pertimbangan, bahwa dengan belajar sendiri, nantinya dia mempunyai daya juang lebih, dari berdiri, jalan, jatuh akan dia ulang berkali-kali sampai akhirnya bisa berjalan sendiri.
Nah, zaman belum ada baby walker, dan sekarang di kampung pun masih ada, orang2 biasanya menggunakan bambu yang ditancapkan di tanah, disertai pegangan yang dipasang horizontal, yang nantinya akan dipegang si anak sebagai alat bantu untuk melangkah. Cara ini memang jauh lebih bagus dibandingkan dengan baby walker yang hanya menopang tubuh si anak saja. Dengan baby walker tradisional, kaki si anak akan lebih kuat dalam menopang tubuhnya.
Alhamdulillah, tanpa baby walker pun, akhirnya Keivanku saat berusia 10 bulan udah bisa berjalan. Tugasku selanjutnya, siapkan fisik buat ngejar2 dia!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jalan-jalan di Kampung

Lagi liburan di kampung nih! jalan-jalan kemana ya...?. Ada sebuah warung yang berada di tengah sawah yang sering kukunjungi jika sedang liburan di kampung. Tempat yang sederhana, terbuat dari bambu, hanya menyediakan makanan seperti gorengan, keripik, dan kerupuk.
Klo lagi ke warung ini, aku pasti pesan baso kampung, yang rasanya sangat seadanya. Ada juga batagor, rasanya juga sama2 sangat seadanya hehe, tanpa ada rasa ikan tenggiri sedikit pun. Tapi yang paling menyenangkan ditempat ini adalah pemandangnnya, jadinya warung ini enak banget buat nongkrong, dan banyak para petani yang mampir disini setelah selesai bersawah, atau kehujanan menuju perjalanan pulang. Walaupun serba seadanya, tapi di kota mana ada tempat seperti ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Baling-baling Bambu

Baling-baling atau yang orang sunda bilang kolecer, dan yang satu ini terbuat dari bambu. Di kampung suamiku, puluhan baling-baling bambu saat ini tersebar dimana-mana, dikarenakan sedang musim angin. Dengan adanya kolecer ini, angin yang berhembus pelan atau kencang bisa dilihat dari gerakan kolecer.
Pada saat siang hari, keberadaan kolecer ini cukup sangat menghibur. Tetapi pada saat malam hari, apalagi jika disertai hujan dan angin kencang, kolecer ini akan bersuara sangat keras, padahal hanya terbuat dari bambu dengan bentuk yang sederhana. Suaranya sangat menganggu, dan jika suara kerasnya mulai terdengar, aku serasa berada dalam kereta api, susah tidur jadinya!
Di Kampung sebelah, kolecer jadi ajang pamer. Siapapun akan berani mengeluarkan banyak uang untuk membuat kolecer yang paling besar dan bersuara paling keras, ah ada2 aja, kadang orang2 kampung suka lebay untuk hal2 yang ga perlu, padahal untuk memenuhi keperluan sehari-hari aja sudah susah. Katanya sih, kolecer ini akan dilombakan, dan hadiah buat pemenangnya adalah seekor sapi! Wah bagaikan dapet mobil tuh klo buat orang kampung ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Strawberry Balut Coklat

Gara-gara jalan2 ke kawah putih awal Januari lalu, dimana disana banyak banget yang berjualan strawberry yang segar dibalut coklat yang tak sempat kucicipi. Akhirnya aku coba di rumah deh. Cukup beli sekotak kecil strawberry di Hypermart dan juga sebatang dark coklat silverqueen, akhirnya kesampaian juga diriku mencicipi strawberry balut coklat. Cukup cuci bersih strawberry, buang bagian batangnya, coklat di cairkan, celupkan strawberry dalam coklat, setelah seluruh bagian strawberry terbalut coklat masukkan ke lemari es. Klo coklatnya sudah beku, siap di santap deh!
Buat yang ga suka strawberry karena rasanya yang asam, cara ini bisa mengurangi rasa asamnya apalagi klo pake coklat silverqueen, kan ada kacang metenya, jadi enak banget ada rasa kres kresnya. Strawberry mempunyai banyak manfaat, diantaranya sebagai anti aging, anti kanker, mengencangkan kulit, mengatasi panas dalam dan juga sebagai sumber folat bagi janin yang sedang di kandung ibu hamil. Si merah kecil yang asam ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, Alhamdulilah klo d Bandung, strawberry gampang banget didapetnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kambing Bakar Cairo

Berangkat dari tayangan wisata kuliner Benoe Bulu di TransTV, yang sedang menikmati kambing bakar yang terlihat sangat empuk dan enak di Jl. Pelajar Pejuang 45 Bandung (tepat di seberang Hotel Horison), akhirnya aku dan suami makan disitu di sabtu siang sebelum melanjutkan perjalanan kami ke BSM.
Ini kunjungan kedua kami, kunjungan pertama kami berakhir dengan kekecewaan, keabisan kambing bakarnya!!. Alhamdulillah pada saat kunjungan kedua ini, pengunjung tidak terlalu banyak, dan kami pun mendapat posisi duduk di luar yang nyaman banget. Akhirnya kami pesan kambing bakar Cairo yang menjadi andalan, 2 porsi nasi, dan juga roti mariam yang dilengkapi dengan ice cream.
Rata PenuhTidak perlu menunggu lama, kami pun bisa menyantap kambing bakar yang ternyata emang benar-benar lembut dan empuk, sepertinya sih sebelum dibakar dagingnya di presto dulu. Roti mariamnya juga enak banget dimakan sebagai makanan pembuka. Dan harganya juga ga terlalu mahal, pilihan yang pas buat kami, apalagi suamiku penggemar berat daging kambing.
Menurut slogannya, kambing bakar disini tidak mengandung kolesterol, karena kambing yang digunakan adalah kambing muda yang masih berusia 3 bulan, jadi kita ga perlu takut makan kambing disini. Ok, para pecinta kuliner Bandung, tempat ini memang bisa dijadikan pilihan untuk icip icip, kita aja pengen balik lagi kesana, pokona mah meni raos pisan!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS