RSS

Hanya Sekedar Wacana

ASI Eksklusif (ASIX). Siapapun sudah familiar dengan yang namanya ASIX, yaitu memberikan ASI saja pada bayi selama 6 bulan, tanpa tambahan apapun, bahkan air putih sekalipun. sebelum melanjutkan, saya bukan orang yang anti susu formula, bagaimana pun keberadaan sufor (susu formula) dibutuhkan bayi yang ibunya tidak bisa mengeluarkan ASI sama sekali atau bayi yang harus kehilangan ibunya disaat mereka membutuhkan ASI.
Tetapi baru saya sadari setelah menjadi ibu, kenyataan dalam masyarakat adalah:
  • Banyak orang mengetahui ASI itu makanan terbaik untuk bayi, tapi sekaligus berpendapat bahwa pemberian ASIX tidak mengenyangkan, jadi harus digabungkan dengan susu formula. Padahal lambung bayi itu hanya sebesar kelereng, jadi kenapa harus khawatir bayi tidak akan kenyang?
  • Baru segelintir rumah sakit dan rumah bersalin yang benar-benar mempraktekkan IMD (inisiasi menyusui dini) yang dilanjutkan dengan pemberian ASIX. Selebihnya, banyak rumah sakit dan rumah bersalin yang tidak sabaran dalam proses IMD, dan memberikan sufor tanpa sepengetahuan orang tua bayi. Jadi kalau ingin IMD dan ASIX sukses, kita harus mengkonfirmasikannya dengan tegas pada dokter atau bidan yang bersangkutan jauh2 hari sebelum persalinan.
  • Masih banyak yang berpendapat dengan tambahan sufor, bayi akan tidur lebih nyenyak. Padahal ga terlalu ngaruh tuh, klo emang saatnya rewel ya rewel, namanya juga bayi, segala ketidaknyaman pasti di ekspresikan dengan menangis.
  • Semakin banyak bayi minum ASI, maka Stok ASI akan semakin banyak. Sayangnya masih ada yang menganggap hal ini sebagai teori.
Maafkan Ibu, Keivan, karena keterbatasan ilmu dan kurangnya pengkondisian lingkungan, akhirnya cita-cita ibu untuk memberikan ASIX jadi tidak terlaksana. Semoga Ibu bisa tetap memberikan ASI sampai umurmu 2 tahun, walaupun sudah tidak eksklusif lagi....hiks.
Pengalaman berharga untuk saya, semakin banyak baca, jadi semakin banyak tahu tentang manajemen laktasi. Tidak mau gagal untuk kedua kalinya. Agar pemberian ASIX bisa terlaksana, lingkungan yang kondusif dan orang2 yang support sangatlah penting, disamping banyak makan sayuran hijau dan beragam kacang-kacangan.
Kehadiran anakku merupakan pembelajaran besar untukku...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

BABY DIJA mengatakan...

ketiga kakak DIja dapat Asi Eksklusif selama 6 bulan pertama. alhamdulillah waktu itu ASI nya Almarhumah Bundaku lancar gak ada masalah.

cuma Dija aja yang gak dapet ASI,
karena Bunda Dija meninggal setelah melahirkanku....

hiks

Elsa mengatakan...

yup, masih banyaaak ibu yang belum mengerti masalah ASI eksklusif..

tapi ada juga kasus, ibunya sudah ngerti dan komit mau ngasi ASIX.. eh, sang kakek nenek kadang yang gak ngerti.. dan kurang mendukung!!
bayi sebulan dah dikasi makan pisang yang dihalusin...

kasihan bayinya
kan pencernaannya belom kuat..