RSS

Family Time

Akhir pekan ini Ayah ga pulang, begitupun saat Idul Adha nanti. Sedih sih....tapi memang ini tugas dan peran yang harus dijalani, jadi jalan terbaik adalah sabar. Jarak Bandung-Jakarta ga seberapa, sejak dibukanya tol Cipularang, perjalanan sebenarnya bisa ditempuh 2 jam jika tidak terjadi kemacetan. Tapi sekarang macetnya Jakarta dan macetnya Cipularang semakin jahat dan ga kenal ampun. Ayah biasa pergi dari Jakarta jumat sore jam 05.30, tapi nyampe Bandung bisa jam 01.00. Kemacetan membuat waktu berkumpul menjadi semakin pendek.
Pengennya Ibu dan Keivan di Jakarta aja, tapi situasi dan kondisinya belum memungkinkan, ditambah lagi tahun depan kita berdua akan ditinggal Ayah bertugas selama 1 tahun ke Sudan. Duh...ngebayanginnya aja udah sedih dan super kangen gini. Semoga Allah memberikan Ayah, Ibu dan Keivan kesabaran, berharap waktu cepat berlalu dan kita bisa segera berkumpul dalam satu rumah. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Saatnya Ber-MPASI

Keivan sudah mulai MPASI. Enzim pencernaan pada bayi siap pada saat bayi berumur 6 bulan, jadi sudah 1,5 bulan ini Keivan makan. Walaupun pada awalnya saya mendapat tekanan untuk memberi Keivan makan saat usianya 4 bulan, tapi saya tetap keukeuh untuk memulai MPASI saat Keivan berusia 6 bulan.
Minggu pertama makan memang agak susah, makanannya di sembur2, malah kadang2 ngeliat sendok aja dia udah nangis2. Alhamdulillah, memasuki minggu kedua, dia mulai bisa beradaptasi, apalagi setelah dikenalkan dengan pisang, wah jadi gampang banget nyuapinnya. Nah, tekanan datang lagi, banyak yang bilang supaya Keivan dikasih makanan bayi instant aja dengan alasan ga ribet. Tapi...ga banget!. Saya usahakan untuk tetap memberikan dia homemade baby food, walaupun ribet, tapi kan jauuuuuuuh lebih sehat, dibandingkan dengan makanan bayi instant yang banyak pengawetnya itu.
Senengnya liat Keivan doyan makan, sejauh ini yang udah dia makan tepung beras merah yang kubuat sendiri, brokoli, ubi, kentang, wortel, alpukat, pisang, pepaya, apel, pir, labu kuning, dan gandum. Ikan, daging dan ayam baru akan kuberikan saat usianya 8 bulan. Semoga sayur dan buah yang kau makan, menjadi gizi yang baik dan antibodi yang kuat untuk ya nak!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Saos Tiram & MSG

Sudah 3 tahun belakangan ini saos tiram menjadi pilihan saya. dalam memasak. Dengan saos tiram, oseng2 sayur, ikan, kerang & daging lebih simple, tinggal ditambahkan bawang butih, bawang bombay, gula dan garam, maka masakan akan terasa gurih dan lezat. Maksud saya memilih saos tiram adalah untuk menghindari pemakaian MSG yang sekarang ada dalam bentuk lain seperti Royc*, Masak* dll. Tapi....ternyata saos tiram lokal seperti AB* ataupun Saor* yang mudah sekali didapat ternyata mengandung MSG juga. Karena ada pembahasan tentang MSG di milis yang saya ikuti, akhirnya saya tahu kalau saos tiram pun mengandung MSG. Ada juga beberapa merk yang tanpa MSG, tapi... ga ada logo halalnya.
MSG memang tidak bisa dihindari, yang bisa dilakukan adalah dikurangi, seperti tiap saya beli mie bakso, saya pesan ke penjualnya supaya tidak memakai MSG. Mudah2an aja bisa melindungi tubuh dari MSG yang berlebihan.
Hasil browsing, ternyata saos tiram bisa digantikan dengan ebi (udang kering) yang dihaluskan lalu dicampurkan dengan sedikit air, agak sedikit ribet sih. Mungkin teman2 ada yang lebih tahu, bahan apalagi yang bisa menggantikan saos tiram...?

Picture from google

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Anak Gemuk, Haruskah??

Seorang teman menelepon saya beberapa hari yang lalu, dan mengeluhkan betapa banyak orang yang berada di sekitarnya yang mengomentari anaknya kurus, padahal si anak mendapatkan ASI Eksklusif (ASIX). Lingkungan di sekitarnya tidak terlalu support dengan ASIX, sebagian besar ibu2 disana menggabungkan ASI dan Sufor, dengan alasan supaya bayi montok dan kuat (halah..halah ada2 aja). Jadinya para Ibu di lingkungan tsb menyudutkan teman saya karena hanya memberikan ASI.
Yang saya ketahui, kondisi si anak walaupun kurus, sehat2 aja, umurnya sekarang 1 tahun, dan hanya terkena batuk pilek 1x, ga pernah ke dokter sama sekali kecuali ke bidan untuk urusan imunisasi (kurus2 juga Sarjana ASI, jadinya tahan penyakit). Saya cuma bisa bilang, cuekin aja yang bilang anakmu kurus, coba bandingkan dengan anak2 mereka, mungkin ada yang lebih montok tapi sering sakit. Saya justru iri sekali dengan teman saya ini, karena dia berhasil memberikan ASIX, tanpa menambahkan sufor sama sekali, dan si anak sampai saat ini sudah lulus S1 dan S2 ASIX, mudah2an lulus juga S3 ya nak!.
Anehnya lagi kalau ada anak ASIX gemuk, banyak orang yang berpendapat kalau ASI si ibu cocok. Tapi kalau ada anak ASIX kurus, orang akan berpendapat ASInya ga cocok, ih gregetan masa ASI cocok-cocokkan sih....? Emangnya dosa punya anak kurus...?
Kenapa ya balita dituntut harus gemuk? padahal gemuk dan kurusnya seseorang tergantung pada faktor genetik. Di kasih anak gemuk Alhamdulillah, dikasih kurus ya Alhamdulillah juga. Biasanya semakin gemuk seorang anak, ibunya semakin bangga, walaupun berat badannya sudah melebihi rata2, padahal kalau dibiarkan kan bisa menyebabkan obesitas, dan penyakit2 lain yang akan mengiringi. Belum lagi kalau di sekolahnya jadi bahan ejekan karena kegemukan, kan kasian...
Yang penting anak2 kita sehat, kalau kurus jangan di cekokin banyak vitamin, apalagi kalau anaknya masih mendapatkan ASI, karena 1 sendok ASI mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi dibandingkan dengan vitamin semahal apapun.
Tapi...dinikmati aja kali yaaaa, mudah2an nantinya setiap orang tua berpikir untuk menyehatkan anak, bukannya menggemukkan anak. Untuk ibu2, yang senasib dengan teman saya, tetap semangat ya....mungkin nanti saya pun akan diuji dengan hal yang sama, dan harus siap untuk itu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ingin Mengadu

Ya Allah...
Jauhkan saya dari kekhawatiran berlebihan
Kesedihan yang tak beralasan
Penyesalan yang berkepanjangan
Rasa sepi yang tak tertahankan
Amarah yang menggerogoti hati

Apapun yang telah terjadi
untuk yang baik, bantu saya untuk menjaganya
untuk yang buruk, jaga saya untuk tidak mengulanginya

Bantu saya untuk berdiri tegak dan kuat
Tegak karena ilmu yang sudah saya ketahui, walaupun aneh menurut orang lain
Kuat untuk tidak terpengaruh pendapat orang kebanyakan yang tidak didasari ilmu

Kekuatan dan kemudahan adalah dari Engkau

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pelajaran Baru

Di dapat dari seorang teman, yang sangat menikmati perannya sebagai ibu.

Untuk saya ingat & saya terapkan...
Jika anak banyak dicela, Ia akan terbiasa menyalahkan
Jika anak banyak dimarahi, Ia akan terbiasa menentang
Jika anak dihantui ketakutan, Ia akan terbiasa merasa cemas
Jika anak banyak dikasihani, Ia akan terbiasa meratapi nasibnya

Jika anak di kitari rasa iri, ia akan terbiasa bermasalah

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi saya dan suami untuk menerapkannya. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Hanya Sekedar Wacana

ASI Eksklusif (ASIX). Siapapun sudah familiar dengan yang namanya ASIX, yaitu memberikan ASI saja pada bayi selama 6 bulan, tanpa tambahan apapun, bahkan air putih sekalipun. sebelum melanjutkan, saya bukan orang yang anti susu formula, bagaimana pun keberadaan sufor (susu formula) dibutuhkan bayi yang ibunya tidak bisa mengeluarkan ASI sama sekali atau bayi yang harus kehilangan ibunya disaat mereka membutuhkan ASI.
Tetapi baru saya sadari setelah menjadi ibu, kenyataan dalam masyarakat adalah:
  • Banyak orang mengetahui ASI itu makanan terbaik untuk bayi, tapi sekaligus berpendapat bahwa pemberian ASIX tidak mengenyangkan, jadi harus digabungkan dengan susu formula. Padahal lambung bayi itu hanya sebesar kelereng, jadi kenapa harus khawatir bayi tidak akan kenyang?
  • Baru segelintir rumah sakit dan rumah bersalin yang benar-benar mempraktekkan IMD (inisiasi menyusui dini) yang dilanjutkan dengan pemberian ASIX. Selebihnya, banyak rumah sakit dan rumah bersalin yang tidak sabaran dalam proses IMD, dan memberikan sufor tanpa sepengetahuan orang tua bayi. Jadi kalau ingin IMD dan ASIX sukses, kita harus mengkonfirmasikannya dengan tegas pada dokter atau bidan yang bersangkutan jauh2 hari sebelum persalinan.
  • Masih banyak yang berpendapat dengan tambahan sufor, bayi akan tidur lebih nyenyak. Padahal ga terlalu ngaruh tuh, klo emang saatnya rewel ya rewel, namanya juga bayi, segala ketidaknyaman pasti di ekspresikan dengan menangis.
  • Semakin banyak bayi minum ASI, maka Stok ASI akan semakin banyak. Sayangnya masih ada yang menganggap hal ini sebagai teori.
Maafkan Ibu, Keivan, karena keterbatasan ilmu dan kurangnya pengkondisian lingkungan, akhirnya cita-cita ibu untuk memberikan ASIX jadi tidak terlaksana. Semoga Ibu bisa tetap memberikan ASI sampai umurmu 2 tahun, walaupun sudah tidak eksklusif lagi....hiks.
Pengalaman berharga untuk saya, semakin banyak baca, jadi semakin banyak tahu tentang manajemen laktasi. Tidak mau gagal untuk kedua kalinya. Agar pemberian ASIX bisa terlaksana, lingkungan yang kondusif dan orang2 yang support sangatlah penting, disamping banyak makan sayuran hijau dan beragam kacang-kacangan.
Kehadiran anakku merupakan pembelajaran besar untukku...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pejuang Kecilku

Alhamdulillah telah lahir putra pertama kami, Keivan Abyaz Burhanudin, pada tanggal 2 April 2010 pukul 01.55 wib di Bandung, dengan berat 3.3 kg dan panjang 51 cm. Ternyata, anakku lahir 10 hari hari lebih cepat dari perkiraan dokter, dengan proses yang cepat pula, sampai di bidan pukul 01.30, dan 01.55 sudah lahir.
Puji syukur yang tak terkira pada Ilahi Rabbi, yang telah memberikanku kekuatan dan limpahan kasih sayang, akhirnya bisa melalui proses persalinan tanpa di dampingi suami. Sang Ayah baru bisa melihat si baby saat usianya sudah menginjak 10 hari. Insya Allah untuk ke depannya Ibu dan Keivan, akan siap untuk selalu support tugas-tugasnya Ayah.
Keivan, kami ambil dari bahasa Iran, yang artinya saturnus. Mudah-mudahan nantinya dia akan menjadi orang besar yang berpengaruh yang selalu dikelilingi oleh orang-orang yang setia, sebagaimana planet saturnus yang dikelilingi banyak planet kecil.

Abyaz, dari bahasa Arab yang artinya cerdas dan brillian, sedangkan Burhanudin berati pembuktian yang nyata, skaligus juga nama Ayahnya. Alhamdulillah sekarang usianya sudah 3 minggu.
Maaf ya belum sempet blogwalking...



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Masa Menunggu

Membuka blog hari ini, preganancy widget menunjukkan 18 hari lagi menjelang persalinan. Buat temen-temen smua, maaf banget ya belum sempet blogwalking, duduk di depan komputer sekarang ga kuat lama2, soalnya tekanan perut yang makin menggelembung ^__^.
  • Alhamdulillah persiapan untuk persalinan udah siap, sudah masuk koper, jadi klo udah mulai kerasa mules koper tinggal masuk mobil aja
  • Selama masa menunggu ini, hal yang paling menarik bagiku hanya urusan dapur aja. Terobsesi untuk bikin kue bawang yang renyah dan enak, skotel makaroni dan spaghetti saus bolognese yang tertunda gara2 dana menipis akhir bulan ini he..he..., mudah2an pas bulan April bisa terlaksana.
  • Nonton film aja males, tapi untungnya masih bisa memaksakan diri untuk jalan pagi tiap 2 hari 1x selama 40 menit, supaya persalinan bisa berjalan normal dan lancar. Amin.
  • Dokter memperkirakan kelahiran antara 11 April s/d 16 April, sedangkan suamiku sedang bertugas di negeri Jiran dan baru sampe di tanah air tgl 13 April. Jadi, menyiapkan mental juga seandainya Allah menghendaki diriku melahirkan tanpa ditemani suami. Insya Allah semuanya pasti akan baik-baik saja. Betapa Ibu meridukan Ayah....mungkin pas Ayah pulang bayinya udah lahir ya...? siapa yang datang duluan ya..? Ayahnya atau bayinya?
Kekuatan dan kemudahan hanyalah dari-Nya, aku berada dalam genggaman-Nya, dan hanya Dia-lah satu2nya tempatku bergantung. Mohon doa dari teman2 semuanya ya... :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

My Tag, Mengendap Begitu Lama...

Akhirnya PR ini selesai juga, buat mas Reza, maaf ya baru bisa dikerjain sekarang, dan inilah PR tag yang sudah mengendap selama....entahlah berapa lama, yang pasti udah lebih dari 1 bulan...

1. Where is your cell phone
Saat ini, hp-ku ada di kamar. Malah kadang ada di bawah bantal....jadi klo ada sms or telp sering ga kedengeran...

2. Relationship
Married...1 tahun 2 bulan

3. Your hair?
hmmmm...tertutup jilbab, yg pasti sih warnanya hitam...

4. Work?
Ngajar....

5. Your sisters?
Adik cewe 1, adik cowo 1

6. Your favorit thing?
jalan pagi, mancing, wisata kuliner, shopping

7. Your dream last night
Mimpi ada di suatu temapat yg sangat kukenal, tapi lupa sama jalan pulang...aneh banget...

8. Your favorit drink?
Susu murni n air kelapa muda

9. Your dream car?
Jenis mobil2 mungil, biar gampang parkirnya

10. Your shoes
Model yang simple n pasti nyaman yang nyaman di kaki

11. Your fears?
Allah SWT

12. What do you want to be in 10 years?
Tetap jadi pengajar dengan ilmu yg up to date (berat tapi harus!!), trus punya rumah dengan halaman yang luas n sering berlibur ke tempat2 yang indah

13. Who did your hang out with last week?
Tidak lain dan tidak bukan...wiken selalu bareng misua

14. What are you not good at?
Nyanyiii....n main musik....ga bisa banget

15. One of your wish list item?
melahirkan bayi yg sehat dengan normal dan lancar. Amin.

16. Where you grew up?
Bandung

17. Last thing you did?
Browsing

18. What are you wearing?
Baju stelan atas bawah berbahan kaos, nyantai....lagi di rumah

19. Your computer?
PC, yang sudah ada dari mulai aku kuliah, belum nyampe Core Duo apalagi Centrino, Alhamdulillah msh awet sampe dengan detik ini

20. Your pet?
Ga punya....tapi pengen banget pelihara klinci jenis fuji atau loop

21. Your life?
Alhamdulillah, penuh nikmat.

22. Missing ? (hilang)
film2 animasi yg kusimpan di hardsik eksternal....ga tau kenapa drivenya tiba2 aja ga bisa kebaca, padahal film2 itu kusimpan untuk kuntonton bersama anakku

23. What are you thinking right now?
Pizza....tiba2 aja ingin menyantapnya

24. Your car?
Mobil kijang, mobil dinas suamiku he..he, yang hanya bisa kupakai pas wiken aja

25. Your kitchen?
Punya ibuku...belum punya dapur sendiri

26. Your favorit color?
hampir semua warna....pokoknya yang nyaman di mata

27. Last time you laugh?
tadi sore, pas nonton Growing Pains

28.Last time you cried?
sekitar 2 minggu yang lalu, gara2 keabisan air kelapa muda...ga tau kenapa bisa sesensi itu...

29. Love?
Alhamdulillah, sangat berwarna dan begitu menyenangkan

30. So who wants to share their ONEs? how about?
My husband...knows me very well

31. Person elected to the tag (tag ini saya wariskan kepada)
Ada yang mau....? langsung ambil n kerjain aja ya..... :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Little Missy

Saat opera sabun ini, (sekarang2 sih disebut sebagai telenovela) pertama kali tayang, waktu itu umurku masih 9 tahun, masih kelas 4 SD. Little Missy ditayangkan di TVRI setiap minggu siang, waktu itu belum banyak jenis tontonan, jadi telenovela yang hanya tayang satu minggu sekali ini benar2 ditunggu. Kebayang kan? telenovela yang terdiri dari ratusan episode hanya ditayangkan satu minggu sekali dan hanya diputar dengan durasi yang sebentar. Klo ga salah sih dulu tamatnya pas aku udah kelas 6 SD, he..he harus sabar nonton selama 2 tahun untuk mengetahui akhir dari ceritanya.
Kostum yang dipakai dalam telenovela ini, gaun2 lebar yang penuh renda bagi perempuan yang dilengkapai dengan topi dan juga payung yang dipenuhi renda...ribet ya...?. Ceritanya memang berbeda dengan telenovela2 cengeng yang ceritanya mudah di tebak. Little Missy bercerita tentang masa perbudakan di negeri Brazil. Kisah seorang gadis putra tuan tanah, yang bercita-cita ingin membebaskan para budak. Sampai akhirnya, karena kecintaannya dengan para budak, Missy menikah di perkampungan budak dan melahirkan anaknya dengan di bantu para perempuan budak.
Adegan faforitku, yaitu ketika Missy mengetahui bahwa ksatria bertopeng yang selama ini sering membebaskan para budak, dan mengunjunginya di malam hari sambil melemparkan bunga mawar dengan di iringi sebuah pesan, ternyata adalah Rodolfo....manis sekali....
Sekarang, Little Missy tayang lagi di CTChannel dengan versi baru, klo yang dulu tayang di TVRI produksi tahun 1986, nah yang sekarang ini produksi tahun 2006. Lumayanlah jadi ada tontonan baru, dibandingkan dengan nonton sinetron. Yang pasti dalam menyimak jalan ceritanya, ga harus selama seperti dulu, soalnya di CTChannel Little Missy ditayangkan dari senin sampai jumat. Dan sepertinya adegan faforitku minggu depan akan segera ditayangkan...

Gambar:
http://farm1.static.flickr.com/33/100261267_f3e7f7a154.jpg?v=0
http://gentedinamica.terra.com.br/galerias/remakes/imagens

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Taman Bougenville @ Gunung Puntang

Alhamdulillah kesampean juga untuk kembali bepergian dengan temen2 ngajar, 30 Januari yang lalu. Jarang2 bisa main keluar kaya gini, soalnya kita semua tidak hanya mengajar di satu tempat, ada yang mengajar didua tempat bahkan lebih, jadi matching-in waktu buat maen susah banget. Memang sudah waktunya melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari (bikin soal UTS, soal UAS, soal Quiz, dan juga koreksian hasil ujian yang super banyak), dan kita memilih taman Bougenville, di Gunung Puntang untuk berakhir pekan.

Sampai di sana sekitar pukul 11 wib,udaranya dingiiiiin bgt, jd cocok banget bwt bumil. Tiket masuknya juga ga mahal hanya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak2, dengan tiket tersebut kita bisa sepuasnya main dan berenang. Hanya saja jika ingin menggunakan flying fox, dikenakan biaya tambahan lagi.
Pemandangannya bagus banget, ditambah dengan udara sejuknya yang bikin adem. Rumah2 kayu, saung2 bambu dan sungai berbatu dengan aliran air yang tidak begitu deras, bikin kita langsung betah, terutama buat foto2. Pengennya sih berfoto ditengah sungai, tapi dengan perut yang makin menggelembung, jadinya.... cuma bisa nokrong di pinggir sungainya aja.
Sementara temen2 yang lain pd berenang, aku bertugas menjadi fotografer dan penjaga tas. Pengennya sih ikut berenang juga, tapi airnya dingin banget, trus ga bawa perlengkapan renang pula. Dan lucunya lagi, Bu Dewi pada saat meluncur ke kolam renang, tiba2 aja panik. Ternyataaaa....alisnya hilang..ha ha ha, jadi buru2 melukis alis lagi deh pas beres berenang dan ini menginspirasi Bu Rini untuk status fesbuknya "Kutitipkan alis temanku di Gunung Puntang".
Oke deh... buat yang mau liburan ke Bandung, Taman Bougenville ini bisa dijadikan pilihan untuk rekreasi, selain daerah Ciwidey. Perjalanan kesana lumayan lancar, belum kena macet sebagaimana halnya Ciwidey yang makin rame di akhir pekan. Apabila di lanjutkan terus ke puncak Gunung Puntang, di sana banyak bungalow dan villa bagus yang disewakan, dan tentunya makin ke atas, udaranya makin dingiiiiiiiin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Minggu ke-26, Bayiku Kegendutan

Alhamdulillah udah masuk 26 minggu, berat badanku udah naik 12 kg (terlaluuuuuu hehehe, makan mlulu sih soalnya). Tapi anehnya, banyak sekali yang berkomentar klo perutku tidak terlalu menggelembung, walaupun usia kandungan sudah 6,5 bulan. Ternyata, eh ternyata saat USG 1 minggu yang lalu, bu Dokter bilang klo berat bayiku sudah mencapai 1,3 kg, padahal normalnya untuk kandungan yang berusia 6,5 bulan berat bayi seharusnya di kisaran 850 gram-900 gram. Kelebihan 400 gram! jadinya sekarang di suruh diet deh, dan diet pada saat hamil adalah hal yang sangat menyiksa....hiks, tapi ga apa2 deh demi my baby, dari pada ntar dia ngerasa kesempitan di perutku gara2 kegemukan :D
Terakhir kali USG, 4 bulan yang lalu, saat kandunganku masih berusia 3 bulan. Dari hasil print-nya aku lebih ngerti hasil USG 4 bulan yang lalu, posisi dan bantuk bayi mudah untuk dilihat. Hasil USG terbaru pas di print, kok jadi bingung ya...? ini bagian apanya itu bagian apanya.... sama bingungnya dengan suamiku :D. Sejauh ini, Alhamdulillah semuanya baik-baik aja, Dokter bilang semuanya sehat. Smoga semuanya berjalan lancar sampai dengan hari kelahiran, dan Allah memudahkan kami untuk mendidiknya. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS