RSS

si Tutut

Ini bukan sembarang Tutut, bukan mbak Tutut atau perempuan bernama Tuti yang dipanggil Tutut. Tapi ini adalah tutut makanan faforitku, yang saat ini aku sedang membayangkan dirinya dan ingin sekali menyantap tubuhnya yang lezat.
Jenis siput sawah ini biasa disebut tutut oleh orang sunda, bentuknya ga jauh beda dengan siput biasa, tapi tutut bentuknya lebih kecil dan hanya hidup dalam air sawah, jadi tidak hidup di dua alam sebagaimana halnya siput biasa.Sebelum mulai di masak tutut direndam semalaman dalam air bersih, untuk menghilangkan lumpur yang menempel dalam tubuhnya, setelah itu bagian ujung tutup yang lancip di potong dengan menggunakan pisau. Siap deh, tutut dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, garam dan kunyit untuk menghilangkan bau amisnya.
Gini-gini juga, tutut punya potensi untuk mencegah kita dari penyakit liver. Makhluk hitam kecil yang mudah di dapat dari sawah ini ternyata punya nilai gizi yang tinggi. Ga salah deh, klo aku memilih tutut sebagai salah satu makanan faforitku.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

20 komentar:

erik4597 mengatakan...

Saya baru tau ini namanya tutut, semacam bekicot tapi kecil ya.

Pondokku

BIG SUGENG mengatakan...

Wah jadi ingat masa kecil dulu, yang gini-gini saya nggak terlalu kaget, tapi dulu yang dimasak keong besar, untuk ngumpulin keong taruh saja daun singkong di sawah, paginya keong sudah pada ngumpul

firmanzr mengatakan...

iya teh aq jg suka bgt ma tutut soalnya kata mama proteinnya tinggi bgt trs harganya murah lg..
tapi aq lebih suka tutut yg gede yg lg betelor jd klo digigit ada suara kriuknya...

Rudy mengatakan...

Kalo didesaku bukan Tutut namanya tapi cong-cong, hehe...???
Tapi aku nggak suka tuh, gimana rasanya gitu???
Hiiiiiii.......

J O N K mengatakan...

waduh tutut ya ? enak sayurnya heuheuheu ...

bagus al haqq mengatakan...

selamat!
anda telah berhasil mengungkap kembali ingatan di masa kecilku!

dulu tiap abis main bola sore2 pasti main ke sawah buat cari si tutut itu
dan pulang pasti dimarahin karena baju kotor dan basah total kenba air sawah!
tapi malemnya bisa makan bareng ama temen-temen

tapi sekarang...
lapangan yang aku pake main bola udah terpaku sejarah
sawah tempatku bermandi lumpur sudah digagahi menjadi perkampungan
dan teman-teman yang biasa berbagi rasa dan keringat di lapangan bola sudah pada sibuk berburu harta!

hmm...masih ingatkah.. kau?

liza fathiariani mengatakan...

assalamualaikum mbak witha,..lama tidak bersua.. apa kabar mbak? wah mbak tututnya itu lho, bikin laper

Madu Nektar mengatakan...

Tutut ?? ... rasanya familiar, ... bukannya itu lagu tha ?? .... kalo gak salah gini lagunya, .. Naik kereta api tututut ... he he he, lagi sibuk apa bu'?

pram mengatakan...

di t4ku nmnya ECE, BESUSUL, KRECO....
banyak nama banyak manfaat...

senoaji mengatakan...

lha???? rasanya gimana tuh????

usman saja mengatakan...

ditempatku banyak tu, mulai yang kecil ampe yang besar. sejenis keong kan?????????? enak kalo disate

budiawanhutasoit mengatakan...

Witha,
ini kalo yang di Surabaya namanya sanggul nenek ya..sama ngga..saya pernah makan di Surabaya..yummy..pedes2 gimana gitu..

nietha mengatakan...

aku pernah mkn tutut jg..
enakkk

budhe mengatakan...

whala... iya nich.. jadi kangen kampung dech..ditempat budhe namane keong kraca..mang asyik banget menikmatinya...biasane dicutik pake lidi dagingnya yg cuma secuil trus dicucup sluuuurrrrrp...so nyummy..

Makasih ya Mba' Witha.. baru tau juga klo' bisa untuk obat liver..kirain enak asyiknya dhoank.. ada sebagian orang yg jijik juga menyantapnya..kesian yach..belum ngrasain dia..hmmm klo' masak lagi mau dhonk.. budhe dikirimin he... makasih..

ilyasafsoh mengatakan...

aku mau kak....

Ely mengatakan...

wah .. aku dulu suka makan sop tutut ini, makannya dihisap dulu si tutut ini dan slurrp keluar deh , sedap .... btw kalau di tempatku di sebut besusul

Atca mengatakan...

waks....tutut??
hihihi...rasanya gimana mba?

Lyla mengatakan...

hehehe... aku dah nyangka tutut itu siput yang disawah wkt baca "tutut makanan favorite ku" soalnya dulu ada temenku jg kasih nama siput itu dng nama tutut :)

sincerity warrior mengatakan...

bu nanti2 bw k kampus ya, aku pingin nyicipin, tapi bari merem nyicipinnya gpp kan?

fixiland mengatakan...

iya nih tutut tutut..
enak dan cukup berkhasiat..
btw ini teh klo kebanyakan ada efek sampingnya g ya?