RSS

Mengunjungi Kembali Surabaya

Liburan di Surabaya, membuatku lama ga posting. Banyak banget tempat yang ingin sekali kukunjungi di sana. Surabaya lebih panas, di bandingkan dengan kunjungan pertamaku ke sana pada bulan Desember 2008. Walaupun di ruangan udah pasang AC, tetep aja terasa panas.

Di Surabaya aku bersama suami sempat mengunjungi Pantai Kenjeran pada malam hari, tempat wisata yg sepi. Trus sempet juga jalan2 di Masjid Agung Surabaya yang super luas dan minggu pagi itu masjid agung rame banget, banyak warga Surabaya yang berolahraga di halaman masjid yang luas. Jalan raya di Surabaya lebih lebar di bandingkan Bandung, taksi lebih banyak di bandingkan angkot, berbanding terbalik dengan Bandung yang angkotnya super banyak makanya macetnya makin parah aja. Secara umum sih kondisi kota hampir sama dengan Bandung, tapi Surabaya puanas banget.

Sebelum pulang, aku berkunjung ke Armada AL. Senengnya bisa masuk situ, soalnya ga semua orang bisa masuk ke armada tersebut. Walaupun saat itu di Surabaya sedang panas, tapi di armada terasa lebih sejuk, angin lautnya bisa sedikit mengusir rasa panas. Disana juga aku bisa liat kapal Dewa Ruci, Gong yang besar banget, juga patung Jalesviva Jayamahe. Sayang aku hanya 4 hari berada di Surabaya, waktu yang terlalu sempit untuk mengenal suatu kota.

Soal kuliner, aku n suami belum menemukan tempat makan yang murah nih di sana. Di Kenjeran, kami makan lontong balap, dan uang yang harus kita bayar Rp. 36.000. Sedangkan di depan Masjid Agung kita makan pagi dengan soto buntut di sebuah warung kecil, dan harga yang harus kami bayar adalah Rp. 50.000, terlalu mahal bwt makan pagi. Atau ini mungkin di karenakan aku terlihat seperti bukan orang Surabaya, dengan logat sunda yang jelas, makanya di kasih harga mahal. Jadinya uang kita boros banget bwt makan, jadi harus pinter2 nih cari tempat kuliner hemat jika nanti kembali kesana. Ada yang tau di mana tempat makan hemat di Surabaya….?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

24 komentar:

BIG SUGENG mengatakan...

wah habis jalan-jalan ke Surabaya yaa, biar oleh-olehnya awet mestinya mampir beli ikan asin yang sangat banyak macamnya...., cuma saya lupa daerahnya... bisa dibagi-bagi ke tetangga...

rainwater202 mengatakan...

Gw malah ga pernah ke surabaya :P

arumsekartaji mengatakan...

Sebenarnya kalau kita tidak malu dan jaga gengsi ada baiknya kita bisa menyusuri pasar tradisionil di Surabaya buat mencari masakan khas Surabaya yang murah meriah.
Di dalam pasar ini ,misal Pasar Janger Wonokromo dan Pasar tradisional di perkampungan Surabaya, kita bisa menemukan jajanan pasar, termasuk di dalamnya warung nasi rawon, lontong balap wonokromo cukup dengan harga 10.000 rupiah.
Memang diperlukan pemandu warga Surabaya yang bisa menunjukkan tempat makan yang murah meriah.Sukses untuk jalan-jalannya ya Jeng? Kalau saya jalan-jalan memikirkan pekerjaan dan tanggungjawab akan pekerjaan yang ditugaskan kantor. Ke Bandung saya sudah 29 tahun tidak berkunjung ke sini.

Diary Pink mengatakan...

walah mbak... diriku blm pernah ke surabaya... kek apa ya??? pasti panas hehehe

Lyla mengatakan...

wah... senangnya jalan2 lagi cuti ya mbak... wah.. ada lontong balap. gimana tuh makannya??? apa sambil balapan hehehehhee....

dafhy mengatakan...

wah senangnya jalan-jalan ke mota pahlawan. ketemu sama suro dan boyo dunk :)

firmanzr mengatakan...

mana lontong balap+soto buntutnyaaaaa.... mau dunk!!!

namaku wendy mengatakan...

waaaaaa ternyata berlibur ke surabaya to, wen malah lom pernah tu mbak jalan-jalan ke surabaya
hihihi kapal dewa rucinya bisa dpake wat berpesiar gak yah;)

budiawanhutasoit mengatakan...

kayaknya banyak deh witha, makanan surabaya yang ga terlalu mahal.
aku lupa tempatnya..soalnya dah lama ngga ke surabaya.
selain lontong balap, ada kupang, tahu tek, tahu campur..dan banyak lagi..
bener kata arumsekartaji tuh..coba aja jalan2 ke daerah pasar, pasti banyak yang murah meriah..

selamat menikmati panasnya surabaya ya..
asal jangan jadi ireng..hehe

J O N K mengatakan...

waaahhhhh, jadi kepingin ke sana ini huhuhu ... ajak sayah donk mba :D ...

Atca mengatakan...

wah berapa lama ya aku ngga kesurabaya?? 5tahunan kali hehehe...mesjid agungnya bagus ya mba...

TAMAN HALAMAN mengatakan...

mesjid agung = belakang rumah
kantor angkatan laut = belakang kantor....

wah bisa janjian tuch.

Rudy mengatakan...

Kalo mbak Witha pengen tahu tempat makan yang enak dan murah di Surabaya mending mbak Witha tanya aja ama penunggunya Surabaya nih Si Innes.
Di Surabaya dia paling jago tuh soal makan-memakan, hehehe....

sibaho mengatakan...

lontong balap itu, makan lontongnya balapan ya mbak :D

DE mengatakan...

kalo yg di armada AL itu bisa lihat dr jauh pulau madura nggak ya ? soalnya aku juga pernah ke suatu tempat di sby, diajak saudaranya temanku, banyak kapal di sana terus diliatin dr jauh pulau madura

Witha mengatakan...

@arumsekartaji @budiawan hutasoit
Wah....thx bgt ya bwt infonya
di pasar tradisional pasti lebih banyak pilihan makanannya, ntar pasti kucoba klo ke Sby lg.

@Lyla @Sibaho
Makannya sambil duduk aja kok, tapi sambil liat orang balap lari...hehehe

@tamanhalaman
Wah deket bgt dong ya klo gt...

@Rudy
thx ya Rud, blognya Innes udah kukunjungi

@DE
Iya mbak, pulau Madura terlihat jelas dari Armada AL

boykesn mengatakan...

wah..aku jadi kangen Surabaya nih..hmm...kapan ya....
salam sama mamiku ya...kalau ketemu...he..

willis koes mengatakan...

berkunjung. wah jadi rindu sama surabaya nih. kapan ya.. kesana?

innes mengatakan...

hai mbak...ni beberapa tempat kuliner yg termasuk cheap
Surabaya Barat : kunjungi aja G-Walk (buka mlai malam, sumpah bagus ni tempat),bebek pak komar (daerah lakarsantri), rumah makan rumadi (deket PTC)
Surabaya Selatan : primarasa cabang a.yani, bebek tengil (sebelah dunkin donut a.yani), bebek palupi (rungkut),soto daging kendangsari
Surabaya timur : sepanjang jl.manyar kertoadi atau depan smp 19 (malem2 bukanya),raja bakso (depan UPB/ sebelah Rs. Putri),bebek cak sandy (parkiran motor Galaxy Mall), bakso kepala sapi (rs.haji), kampoeng steak (deket terminal bratang), sepanjang jalan manyar kertoarjo (banyak pilihan tapi yg cheap ya primarasa, rumah makan ibu Rudy (terkenal ma udangnya n sambel super pedes, seafood (kebun bibit) cari yang warungnya bernama DEPAN UBAYA
Surabaya utara ; daerah tambahrejo (pindahannya kya2), lontong balap garuda (deket jl.rajawali), bebek depan smp xaverius, pasar atom (lontong mienya)
Surabaya pusat : lontong balap sebelah bank BNI Gubeng, tahu campur jl.pucang (deket sma muhammadiyah2, sepanjang kampusku unair (jl.kertajaya/gubeng airlangga)tapi bukanya malam2, warung pojok (kampus B unair), sate kelapa ondomohen (jl.walikota mustajab,sepanjang smpku dulu (smp 1, jalan pacar) jangan ke jalan ni lebih dari jam2 dijamin dah pada habis (ada pangsit mie, gado2,es campur)

itu dulu ya mbak....
kalo mo tanya2 yg laen silahkan aja...thanks 4 coming

Kayla Tahzan mengatakan...

Wah! Pengen, kapan2 ajakin aku yo? Koq gak pake read more mbak'e?

singamaraja mengatakan...

Singamaraja melawat laman anda

Kopral Cepot mengatakan...

wow hebat yah kapalnya...
mapir dunk di http://serbasejarah.wordpress.com
moga ajach ade manfaatnya... salam ke 'akang' nya... :D

Kimmi mengatakan...

salam kenal mbak... pertama kali mampir... blognya bagus... boleh tukeran link gak mbak :)

dee_n@r mengatakan...

mbak wit....
lama ni ga mampir...

mbak wit kok ga bilang seh klo mo ke sby...ke masjid agung lagi...
itu kan deket rumah aku...

klo mo jajan murah benernya banyak mbak...
kapan2 jalan2 lagi aja...hehehe

ow yah..btw...
ngapain mbak ke kenjeran...
untung kesananya malem hari...
klo siang mah...haduh...ketauan deh klo pantainya kotor...hehehe...