RSS

Pocong Keliling

Dua hari yang lalu aku berkunjung ke rumah pamanku. Baru saja sampai sana, adik sepupuku yang berumur 10 tahun, tiba-tiba saja heboh bercerita mengenai pocong keliling. Ya, sepertinya cerita mistis ini memang sedang menyebar di kalangan anak-anak SD di Bandung Selatan, tempatku tinggal. Entah datang darimana cerita ini asalnya, yang pasti kisah si pocong keliling telah membuat adik sepupuku, Yusril, sangat ketakutan.

Katanya sih, ini cerita versi anak2 SD loh, pocong ini setiap malam berkeliling dari rumah ke rumah, mengetuk pintu rumah untuk meminta makanan, dan yang sangat membuat Yusril ketakutan, ada berita klo si Pocong sudah sampai ke daerah Sekeloa, dekat dengan sekolahnya. Malah katanya juga ada teman sekolah Yusril yang bawa koran, dimana di koran itu ada berita mengenai kebenaran pocong keliling. Aduh…bener2 pilu ngeliat kejadian kaya gini, sepertinya wabah kolor ijo beberapa tahun yang lalu kembali lagi dalam bentuk pocong keliling.

Entah kenapa masyarakat kita suka banget akan hal-hal mistis. Waktu kecil, aku juga sempat mengalami hal yang sama. Teman sebangkuku saat SMP, pernah bermain-main jelangkung dengan menggunakan jangka, dan sesampainya di rumah aku begitu ketakutan, serasa ada makhluk yang selalu mengikutiku, padahal itu hanya sugesti dari ketakutan yang sangat berlebihan.

Begitupun dengan Yusril dan teman-temannya, mereka terus-menerus membicarakan pocong keliling, telepon rumah selalu berdering, dan anak2 SD itu saling memberikan tips bagaimana mengusir pocong keliling. Kadang pengen ketawa, tapi miris juga, cerita tak berguna semacam itu bisa begitu mempengaruhi psikologis anak2 itu. Untuk mengurangi rasa takutnya, aku menyarankan Yusril untuk berimajinasi tentang rumah es krim, coklat spesial dan liburan yang menyenangkan, smoga saja dia bisa melupakan si pocong keliling secara perlahan.

Sampai kapan para orang tua berhenti menakut-nakuti anaknya dengan hantu dan semacamnya, yang digunakan sebagai cara jitu untuk menghentikan tangis atau kenakalan mereka. Banyak orang-orang yang tidak menyadari kalau hal-hal berbau mistis akan menghambat gerak langkah mereka untuk maju.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

19 komentar:

pramudita mengatakan...

kayak aku masa kecilku.
tp kenapa y kok diindonesia gak ada "vampir" kayak di amerika, ato "vampir"nya orang"cina, pasti yang ada; pocong, genderuo, sundelbolong,
setannya laen" kali ya....:-)

Erik mengatakan...

Iya Witha, waktu kecil dulu, orangtuaku juga suka menakunakti dengan hantu.
Akhirnya dulu jadi penakut. Untung gak kebawa sampai sekarang

INSPIRASI HIDUP POSITIF mengatakan...

whhh.. saya setuju dengan wita... miris sekali ya... hal-hal mistis di zaman sekarang ini memang sudah seperti kepercayaan yang menjauhkan manusia dari agama, cerita hantu-hantuan kaya gitu sering dilebih-lebihkan dan banyak pula kesalahan presepsi tentang hal-hal mistiskan..hingga melantur jauh dari ajaran kitab suci Al-Qur'an.. dan bukankah sesungguhnya yang memegang rahasia gaib hanya tuhan..

Madu Nektar mengatakan...

Wha .... tar masuk ke kamarmu malam-malam ... he he he, tapi dia minta dibikinin Blog ... wk wk wk

Rudy mengatakan...

Memang kebanyakan orang tua selalu menakut-nakuti anaknya dengan tujuan anak itu bisa nurut dengan kemauan si orang tua tapi hal seperti itu bisa mempengaruhi karakter pikiran si anak yang selalu takut jika harus sendirian.
Aku aja dulu waktu masih SMP masih merasa takut jika harus sendirian dirumah apalagi malam-malam,hihihi...
Tapi untunglah sekarang nggak lagi karena sekarang aku udah terbiasa sendirian kalau pulang dari kerja.
Witha boleh nggak kita tukeran link?
Link-nya udah aku pasang di blogku nih??

dee_n@r mengatakan...

wih....mbak...
judul postingnya serem amat....

belly wijaya mengatakan...

bener bener banged.. saya juga secara gak sadar masih 'cari gampangnya' menakut-nakuti anak supaya nurut aja, tp gak pake acara pocong2an :)

thanks for share!

icHaaWe mengatakan...

aku jg gak setuju bdgn cara memperkenalkan ana2 dgn makhluk halus. menakut2i...menurutku itu merusak mental anak

Lyla mengatakan...

wah... cerita itu dari dulu dah sering muncul. kalo di kampung malah lebih serem lagi ceritanya hehehe

JelajahiDuniaEly mengatakan...

jadi inget dulu anak-anak tetangga yg main ke rumah cerita ada tengkorak yg keliling desa, mereka bener2 meyakinkan ceritanya , padahal belum tentu benar adanya ... blom cerita ttg genderuwo dsb ... kasihan saja anak2 itu

Red mengatakan...

iseng amat pocongnya bisa ngetuk pintu...? kenama ga masuk sekalian aj wong saiton

Achiles™ mengatakan...

Betul tuh, dampak psikologisnya bisa menjadikan anak penakut..seharusnya orang tua bisa mengambil langkah yang lebih bijak dalam hal ini..seep mbak...

BloGendeng mengatakan...

tapi iya kalo mistis. kalo beneran gimana with? sereeemmm

Mochamad Agung Permana mengatakan...

Temen gua kemaren malam tgl 17 febuari 2009 mengliat tu POCONG di dekat kamarnya.Tetangga gua juga ngeliat

Dyo The CR7 mengatakan...

ya gw juga bingung sbenernya tu pocog ber2 ada ato ga ?? bkanya mw ketemu tp gw mw tw aja ,, kalo ketemu mah dah pingsa kale gw.. hahahha tp ksian anak2 psikologis mereka bakal ke ganggu gara2 ada ya crita mistis tu .. kpoaka2 gw juga pada ketakutan .. aneh siapa yg bwat ie crita??

LiAn's RosMa Amini mengatakan...

Setiap akan dilaksnakan pemilu,isu-isu aneh seperti ini sering muncul..... saya yakin ini isu tersebut bermuatan politik tuk mengacaukan susana sehigga rakyat resah....dngan isu pocong!!!

saya setuju dngan artikel witha!! isu tersebut meresahkan seharusnya sebagai orang tua harus memberikan pengertian terhadap anak2nya untuk tidak percaya hal-hal tahayul yang menyesatkan.....
jangan sampai anak2 bangsa kita di cemari dengan isu yang tidak mendidik....
kepada yang menyebarkan isu tersebut ke anak2 semoga menyadari bahwa hal tersebut telah meracuni anak2 bangsa, semoga mereka sadar.....

Little Sketch mengatakan...

wah, keknya ni isu rame banget ya, anak2 SD di kampung gw juga bos lagi pada takut-takutnya ma pocong keliling. ampe adek ama ponakan gw gk berani ke mesjid kalo maghrib,.....beuuuuh........

shofanymarshush@yahoo.co.id mengatakan...

wkwk ..
aga takud jga ...
bner bner kata Witha ..
di rmah aku jga ada yamg blang namanya Wandi ...
ngebarin cerita pocong keliling ...
tpi heran ko ada yang gituan di rumah aku ...
klo di deked rmah aku bkan minta makan ...
tpi minta di bukain tali pocong nya ..
tpi hati" banyak yang memfaatin situasi itu untuk maling rumah warga ...
wwekowkeowke ...
asa ...
di deked ramh aku jga ada yang ketaun maling trus di gebukin ...
aku jga ikutan ..
wkeowkeok rame ..
mending berdo'a aja ama yang kuasa klo memang cerita itu nyata supaya kita di lindungin sama yang kuasa ..
amiiiinnn ...
Trust to god cause god never forget who has pray to him ...
^^ ( maap klo slah nulisnya)

DIKA mengatakan...

hey.....skarang pocong kelilingnya sudah migrasi dan sekarang didaerah Pagaden Subang yeuh..............Lebih tepat lagi di Saradan.........tau ga.klo pocong keliling itu tiap malam selalu diburu ma temen2 gw......hebat kan.......kta nya klo pocong itu berhasil di tangkap akan di beri uang bro ma ortu si pocong itu.......lebih lagi ade gue aja ngeliat.........(mau tau lebih banyak ? Hub gw di facebook atau dixSid920@gmail.com