RSS

Jafung yang Belum Kelar

Jafung atow Jabatan Fungsional, merupakan jabatan yang di peruntukkan bwt dosen, baik dosen tetap or dosen luar biasa, di mana jabatan awalnya adalah sebagai Assisten Ahli. Yang baru pertama kali ngurusin Jafung, baik yang udah punya pendidikan S2 maupun S3, tetep aja harus mulai dari Assisten Ahli. Setelah itu baru bisa upgrade ke jabatan yg lebih tinggi.
Proses ngurus Jafung agak ribet (ribet menurutku, red). Mulai dari kelengkapan data diri (mengisi formulir yang udah ada dari Kopertis), di mana di formulir itu ada pengisian, mata kuliah yang pernah di ajarkan, penelitian yg pernah dilakukan, seminar yg pernah diikuti, pengabdian pada masyarakat, dan juga peran dalam suatu organisasi. Dan kesemuanya itu harus disertai dengan bukti fisik seperti sertifikat, surat keterangan bahkan reprint asli dari penelitian. Kalo semua persyaratannya udah siap, dosen ybs tinggal minta referensi dari tempat dia mengajar, sebelum di urus lebih lanjut di Kopertis. Nah...yang bikin aku gerah en greget ya di fase ini, referensi susah banget dapetnya. Aku mulai ngurus Jafung, bulan Maret tahun ini. Awal2nya sih temen2 dosen pada semangat en banyak banget yg gabung bwt ngurus jafung, tapi di tengah jalan akhirnya banyak yg mundur secara harus melalui jalan yg berliku, menanjak juga belum diaspal (naon deuih...). Yang bisa bertahan sampai dengan hari ini hanya 5 orang, dengan kondisi yang harap-harap cemas pula (ini sih H2C versi dunia perdosenan, he..he).
Kenapa sih harus ribet2 sgala ngurus Jafung?. Soalnya...seorang dosen yg udah punya Jafung sama dengan pengendara motor yang udah punya SIM, jadi keberadaannya sebagai dosen lebih diakui dan terdaftar secara nasional. Bahkan dengan Jafung ada peluang mendapatkan beasiswa, khususnya beasiswa dalam negeri. Karena alasan inilah aku rela beribet-ribet ria bareng temen2 bwt dapetin Jafung.
Sekarang qta tinggal nunggu bwt dpt referensi, mudah2an aja nanti proses di Kopertisnya ga terlalu lama (miracle, klo bisa di urus cepet). Biasanya sih suka ada dana tambahan klo qta minta diurusin cepet. Ya gitu deh, ada uang semua urusan baru beresin. Jafung...oh....Jafung. Bwt temen2 yang lagi ngurusin Jafung, tetep berjuang ya!.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

aYi mengatakan...

selamat berJuang membela peLuang...
kLo perlu gapaKai uAng...
biAr sampe keJang-keJang...
yG penting SeNang...
eh ada yang boLenang...

Witha mengatakan...

Saha anu bolenang kang??
si Anang nya...

ayi mengatakan...

sanesh neng
si herang mencrang....