RSS

Jafung yang Belum Kelar

Jafung atow Jabatan Fungsional, merupakan jabatan yang di peruntukkan bwt dosen, baik dosen tetap or dosen luar biasa, di mana jabatan awalnya adalah sebagai Assisten Ahli. Yang baru pertama kali ngurusin Jafung, baik yang udah punya pendidikan S2 maupun S3, tetep aja harus mulai dari Assisten Ahli. Setelah itu baru bisa upgrade ke jabatan yg lebih tinggi.
Proses ngurus Jafung agak ribet (ribet menurutku, red). Mulai dari kelengkapan data diri (mengisi formulir yang udah ada dari Kopertis), di mana di formulir itu ada pengisian, mata kuliah yang pernah di ajarkan, penelitian yg pernah dilakukan, seminar yg pernah diikuti, pengabdian pada masyarakat, dan juga peran dalam suatu organisasi. Dan kesemuanya itu harus disertai dengan bukti fisik seperti sertifikat, surat keterangan bahkan reprint asli dari penelitian. Kalo semua persyaratannya udah siap, dosen ybs tinggal minta referensi dari tempat dia mengajar, sebelum di urus lebih lanjut di Kopertis. Nah...yang bikin aku gerah en greget ya di fase ini, referensi susah banget dapetnya. Aku mulai ngurus Jafung, bulan Maret tahun ini. Awal2nya sih temen2 dosen pada semangat en banyak banget yg gabung bwt ngurus jafung, tapi di tengah jalan akhirnya banyak yg mundur secara harus melalui jalan yg berliku, menanjak juga belum diaspal (naon deuih...). Yang bisa bertahan sampai dengan hari ini hanya 5 orang, dengan kondisi yang harap-harap cemas pula (ini sih H2C versi dunia perdosenan, he..he).
Kenapa sih harus ribet2 sgala ngurus Jafung?. Soalnya...seorang dosen yg udah punya Jafung sama dengan pengendara motor yang udah punya SIM, jadi keberadaannya sebagai dosen lebih diakui dan terdaftar secara nasional. Bahkan dengan Jafung ada peluang mendapatkan beasiswa, khususnya beasiswa dalam negeri. Karena alasan inilah aku rela beribet-ribet ria bareng temen2 bwt dapetin Jafung.
Sekarang qta tinggal nunggu bwt dpt referensi, mudah2an aja nanti proses di Kopertisnya ga terlalu lama (miracle, klo bisa di urus cepet). Biasanya sih suka ada dana tambahan klo qta minta diurusin cepet. Ya gitu deh, ada uang semua urusan baru beresin. Jafung...oh....Jafung. Bwt temen2 yang lagi ngurusin Jafung, tetep berjuang ya!.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Orang yang Beruntung

Orang-orang yang beruntung adalah orang yang bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Seorang Ibu yang mengurus anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Seorang guru honorer yang rela di bayar 1 minggu kerja, padahal tugas dia mengajar adalah 1 bulan. Pedagang yang melayani pembeli dengan sabar, walaupun kadang ada saatnya pembeli sering membuat kesal.
Temanku pernah bercerita tentang orang yang tugasnya itu menyiapkan sayuran dan buah-buahan untuk keperluan beberapa kantin, di mana dia bangun setiap jam 3 pagi, lalu berangkat ke pasar, dan sepulangnya dari pasar mengirimkan sayuran dan buah-buahan tersebut ke kantin-kantin. Siangnya pun dia melayani pembeli di kantin sampai dengan jam 9 malam. Setelah kantin tutup, dia tidak langsung tidur, tetapi masih tetap stand by menunggu pesanan sayuran dan buah-buahan dari kantin-kantin untuk keperluan esok harinya. Dia tidur jam 12 malam, dan kembali bangun jam 3 pagi. Pekerjaan yang tidak mudah kan?, tapi dia bisa menjalaninya dengan baik.
Begitu pun dengan orang yang ditugaskan jauh dari tanah air dan jauh dari keluarga, berada di negeri yang penuh konflik, tapi enjoy banget karena bisa memahami tugasnya dengan baik. Beberapa waktu yang lalu teman SMA-ku mengatakan bahwa aku adalah orang yang sangat beruntung. Aku sempat tertegun sejenak setelah dia mengatakan hal tersebut. Seraya mengucapkan "Amin" aku yakin banget bahwa orang yang beruntung itu adalah orang yang berada dalam bimbingan Allah, dan tunai dalam tugasnya, tidak peduli apapun tantangannya atau apapun pendapat dari orang lain. Semoga aku termasuk orang yang beruntung, Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Yang Gesit, Yang Tahan Banting

Jarang banget ada pembantu yang betah kerja di rumah Nenekku. Ya memang jarang banget ada pembantu yang tahan banting dengan Nenekku. Nenekku adalah orang yang sangat sayang dan perhantian terhadap 8 orang anaknya, 19 orang cucunya dan juga 11 orang cicitnya. Tapi klo untuk urusan pembantu, Nenekku terlalu detail dalam mengaturnya, makanya banyak banget Pembantu yang pundung (kesel, marah) karenanya.
Dalam sejarah perpembantuan di rumah Nenekku, yang pernah kerja paling lama dan juga yang paling tahan banting itu si Yuyun. Ya, Yuyun berbadan kecil, dan umurnya pun belum sampai 17 tahun. Gadis kecil ini berasal dari Ciwidey, dia mulai kerja di rumah Nenekku pada saat usianya baru memasuki 15 tahun. Ada dua orang adik sepupuku yang berusia sama dengannya tapi mereka dengan senangnya menikmati masa-masa SMA. Sedangkan Yuyun harus bekerja keras sebagai pembantu untuk membantu keluarganya, dan melupakan masa belajarnya di sekolah.
Yuyun yang berbadan kecil, gesit banget kerjanya, dari mulai cuci piring sampai dengan membersihkan kamar mandi, dan dari mulai membersihkan perabotan sampai dengan mencuci mobil. Walaupun kecil, dia orang yang tahan banting dengan Nenekku. Sepertinya kecerewetan Nenekku hanya dia anggap seperti iklan di TV. Yuyun juga kesayangan Bibiku, dan juga sobat dari adik sepupu kecilku si I’ang.
Makanya, pas Yuyun pulang karena harus mengurusi ibunya yang sedang sakit, keluarga besarku kehilangan banget, soalnya jarang banget ada orang segesit itu. Bahkan Aku sendiri pada saat seusianya tidak segesit itu.Beberapa bulan belakangan ini ada pembantu baru yang bekerja di rumah Nenekku, tapi dia memutuskan untuk berhenti setelah 5 bulan bekerja. Kita semua pengen banget Yuyun balik lagi, tapi sayang sekarang Yuyun udah jadi Babby Sitter di Jakarta, mudah2an aja di sana dia dapet majikan yang baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Akhirnya, jadi juga ke Subang

Kemaren, akhirnya aku jadi juga pergi ke Subang. Perginya barengan sama Ima, kita janjian di terminal Ledeng jam 09.30. Aku berangkat dari rumah jam 8.30, seperti biasa di anter adikku pake motor, sampe Ledeng pas banget jam 9.30. Trus Ima baru dateng jam 09.15, jadi nungguin Ima 45 menitan, udah gitu qta langsung naik angkutan ke Subang, untung aja mobilnya udah penuh penumpang, jadi pas qta naik,mobil pun langsung berangkat. Dan Alhamdulillah sepanjang perjalanan lancar banget, jadi jam 10.00 udah nyampe di Palasari-Ciater. Dari situ qta naik ojek menuju Cibitung, sekarang jalan menuju ke sana udah mulus beraspal, jadi ojek pun melaju dengan sangat kencang. Pertama kali ke sana itu pas bulan Oktober 2007, jadi 9 bulan yang lalu, jalanannya masih ga bagus, mana banyak banget turunan & tanjakan. Agak ngeri juga sih, buat orang sepertiku yang belum terbiasa, klo naik ojek sedangkan kondisi jalannya ga bagus.
Akhirnya qta nyampe juga di Cibitung jam 10.15. Di rumah hanya ada Emih yang sedang sendirian. Beberapa saat kemudian
ada Teh Nur bareng suaminya, A Mamad dan juga bayinya, trus qta ngobrol2 sampe duhur. O..iya nama bayi Teh Nur jadinya Putri Nurmala Alimukti, dipanggilnya Putri. Pas qta bertiga ngobrol, dateng Ida ama anaknya, Listi, trus ada juga Iin dan Ibunya. Trus pas pas mendekati duhur dateng Teh Ipah, barengan ama adenya Ima. Pas jam 12, makan siang udah siap, Aku langsung makan siang barengan Iin, Ima, Teh Enting dan juga suaminya. Sebagian masih pada ngobrol di ruang depan. Menu makan siangnya pastinya ada nasi, trus semur daging, ikan goreng, sambel, kerupuk dan juga lalapan. Udah makan siang, solat Duhur dulu, malah setelah solat duhur Aku di suruh tidur siang. Tapi akhirnya qta malah nerusin ngobrol di ruang depan tentang rencana 4 bulan ke depan. Sampe akhirnya dateng Teh Ilah ama anaknya yang kecil, Mia.
Sekitar jam 14.30, acaranya dilanjutin ama rujakan, buah2annya karena di Subang udah pasti ada nanas. Trus ada juga tomat yang baru di petik. Aku baru banget ngerasain tomat yang di makan bareng bumbu rujak. Nah....beres ngerujak, mumpung keluarga lagi pada ngumpul, foto2 dulu di halaman rumah, rame banget pas foto2, dan inilah hasilnya.
Ga kerasa, hari udah makin sore, jadi setelah solat Asar Aku langsung pamit pulang. A Maman, bapanya Iin en Ida, nganterin pake motor sampe Palasari. Trus Aku juga dibekelin satu kardus yang lumayan berat, dan aku ga tau isinya apa aja. Perjalanan pulang ke Bandung memakan waktu lebih lama, soalnya di Lembang macet banget. Akhirnya nyampe juga di rumah jam 19.30, dan ternyata di dalam kardus itu ada banyak tomat dan juga kacang panjang, di tambah lagi kue khas kampung, pantesan aja berat. Di rumah jadi banyak persediaan tomat nih, tetangga juga bisa kebagian, secara tomatnya banyak banget. Ke sana kapan lagi ya....mudah-mudahan pertengahan Agustus bisa ke Subang lagi bareng adik dan Ibuku skalian jalan2.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

070707, Tepat Setahun yang Lalu

Hanya pengen kilas balik nih, di hari Sabtu tanggal 7 Juli 2007. Hari itu aku pergi dari rumah sekitar jam 8 pagi. Sempet ke Gramedia dulu selama 2 jam, setelah dari Gramedia langsung makan siang sama Mie Ayam. Dari pagi sampe jam 12 siang, aktivitasku biasa2 aja, nothing special.
Sampai akhirnya setelah duhur, aku bertemu dengan seorang teman dan mendapatkan nasehat yang sangat istimewa, nasehat tentang menjalani kehidupan yang bermakna. Dimana setelah mendapatkan nasehat tersebut, semua yang pernah terasa berat langsung hilang dalam sekejap. Itulah yang menjadikan hari tersebut tetap kuingat, karena setelah hari itu, hari-hariku menjadi lebih baik, dan Insya Allah lebih tangguh dari sebelumnya. Jadi bukan karena tanggal tersebut cantik, tapi peritiwa di dalamnyalah yang teramat sangat cantik bagiku.
Trus setelah aktivitasku selesai, aku pulang ke rumah, di perjalanan pulang beli dulu sate ayam 20 tusuk, soalnya udah ada bad feeling klo di rumah ga ada apa2 bwt temen makan nasi. Jam 19.30 sampai di rumah, emang bener ga ada apa2, jadi itu sate langsung di makan, setelah itu langsung istirahat sambil nonton TV. O..iya inget juga pas waktu itu di Metro TV lagi ada penayangan film Korea, tapi lupa lagi judulnya, yang mainnya itu artis yg jadi dayang Choi dalam film Jewel in The Palace. Selesai nonton langsung tidur deh, tapi tidurnya ga terlalu nyenyak, karena terlalu seneng, rasanya ploooooong banget.
Alhamdulillah, Allah selalu mendekatkanku dengan orang-orang yang istimewa. Apa jadinya ya di 070709?...Insya Allah, kehidupan yang lebih baik dalam menjalankan tugas. Amin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS